DPRD Pulang PisauPulang Pisau

Pembangunan Pariwisata Harus Dijalankan dengan Baik

"Saya kira, upaya Pemkab Pulang Pisau dengan membentuk Tim Pokja Percepatan Pembangunan Pariwisata Daerah (TP3D) sudah tepat, tinggal bagaimana Dinas Pariwisata dengan dinas-dinas terkait dapat berkomitmen dan berkolaborasi membangun dan mengembangkan sektor pariwisata ini," kata salah satu anggota DPRD Pulang Pisau, H Arif Rahman Hakim, kemarin (24/7/2019).

PULANG PISAU – Sejak di bentuk Tim Pokja Percepatan Pembangunan Pariwisata Daerah (TP3D) oleh Bupati Pulang Pisau, pariwisata menjadi perbincangan hangat ditengah masyarakat. Bahkan, beberapa desa di wilayah Kabupaten Pulang Pisau pun mulai menggali potensi objek pariwisata dan mengangkat ke publik melalui media masa dan sosial media.

Seperti baliho yang dipasang warga di Kecamatan Jabiren, yakni Wisata Kalonen Basaluh Jadi Batu (Manusia yang berubah menjadi batu). Ini menadakan, potensi pariwisata yang ada di Bumi Handep Hapakat sangat banyak. Apabila dikelola dengan baik, selain akan mendatangkan PAD, juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

“Saya kira, upaya Pemkab Pulang Pisau dengan membentuk Tim Pokja Percepatan Pembangunan Pariwisata Daerah (TP3D) sudah tepat, tinggal bagaimana Dinas Pariwisata dengan dinas-dinas terkait dapat berkomitmen dan berkolaborasi membangun dan mengembangkan sektor pariwisata ini,” kata salah satu anggota DPRD Pulang Pisau, H Arif Rahman Hakim, kemarin (24/7/2019).

Menurutnya, munculnya beberapa objek pariwisata dibeberapa desa itu menjadi tanda, Pemerintah Desa merespon baik upaya yang telah dicanangkan oleh pemerintah dalam rangka mengembangkan sektor pariwisata. Animo ini kata Arif, harus segera mendapat perhatian dari Dinas Pariwisata selaku leading sektor nya.

“Dinas Pariwisata juga harus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan dinas terkait, sehingga pembangunan pariwisata dapat dikerjakan secara bersama-sama,” ujarnya.

Legislator PPP ini juga mengaku, jika APBD Pulang Pisau sangat terbatas. Oleh karenanya, pihaknya menyarankan agar dikerjakan secara bersama-sama dengan menggandeng dinas-dinas terkait, seperti PUPR, Disperindagkop UKM, DPMD, Distan, Bappeda dan Kominfo.

Selain itu, Dinas Pariwisata juga harus mengusulkan anggaran yang bersumber dari APBN, sehingga diharapkan pembangunannya akan mudah terwujud. “Pulang Pisau ini memiliki banyak potensi pariwisata. Jadi, Dinas Pariwisata harus bisa memaksimalkan potensi ini dan menjadikannya obyek wisata,” tandasnya. (hrs)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!