DPRD KatinganKatingan

Dewan Mulai Bahas Pembentukan Fraksi dan Tatib

“Nantinya, itu akan disampaikan pada 26 Agustus 2019 kepada Ketua DPRD Sementara,” ujarnya,

KASONGAN – Pihak DPRD Kabupaten Katingan telah melakukan rapat internal membahas fraksi dan tata tertib (Tatib). Selain itu, mengenai tugas-tugas Ketua dan Wakil Ketua DPRD setempat. Rapat internal ini, dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sementara, Ignatius Mantir L Nussa didamping Wakil Ketua Sementara, Nanang Suriansyah.

Salah satu anggota DPRD Katingan, Rudi Hartono menuturkan, setelah menyampaikan tugas-tugas pimpinan, selanjutnya Ketua DPRD Sementara memfasilitasi pembentukan fraksi-fraksi. Baik fraksi PDI Perjuangan, fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), maupun fraksi-fraksi lainnya. “Nantinya, itu akan disampaikan pada 26 Agustus 2019 kepada Ketua DPRD Sementara,” ujarnya, baru-baru ini.

Menurut Politisi Partai Golkar ini, Ketua DPRD Sementara juga memfasilitasi rancangan tatib dewan serta rencana pelantikan tiga unsur pimpinan dewan. Yakni Ketua, Wakil Ketua I dan Wakil Ketua II. Untuk posisi Ketua DPRD Kabupaten Katingan definitif, dari PDI Perjuangan. Sementara Wakil Ketua I dari Partai Golkar dan Wakil Ketua II dari PKB.

“Ini sesuai jumlah perolehan kurisi pada Pileg 2019 kemarin. Saya saja orangnya yang menduduki posisi tersebut, akan diumumkan antara bulan September hingga Oktober mendatang,” jelas anggota dewan asal daerah pemilihan (dapil) Katingan III yang meliputi wilayah Kecamatan Katingan Tengah hingga Bukit Raya ini.

Sedangkan untuk jumlah fraksi beserta nama-nama fraksinya nanti, akan disampaikan oleh masing-masing partai politik (parpol) pada 26 Agustus 2019. “Ada kemungkinan pula, langsung diumumkan di dalam rapat internal nantinya,” imbuh Rudi.

Terpisah, Ketua DPC PKB Supian menuturkan, atas kesepakatan kader-kadernya, khususnya yang saat ini menjadi anggota DPRD yakni Sugianto, Fahrul Razi dan Aldi  serta ditambah dengan Muhammad Efendi dari Partai Demokrat dan H Hanafi dari PPP, mereka sepakat untuk membentuk satu fraksi yakni PKB.

“Ini sudah kami usulkan kepada pimpinan di tingkat provinsi dan pusat. Selain itu, telah diusulkan kepada unsur pimpinan DPRD Kabupaten Katingan,” katanya. (tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *