DPRD KatinganKatingan

Ratusan Pelajar Meriahkan Lomba Manasik Haji

“Oleh sebab itu, sejak dini perlu kita gerakan para pelajar kita untuk mempelajari tata cara pelaksanaan ibadah haji,” tuturnya.

 

KASONGAN – Ratusan pelajar mulai dari tingkat TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, terlihat antusias memeriahkan Lomba Manasik Haji, Kamis (8/8) pagi. Kegiatan di halaman Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Katingan ini, dibuka secara resmi oleh Asisten II Setda Katingan, Ir. Ahmad Rubama.

Bupati Katingan Sakariyas SE dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten II menuturkan, bahwa ibadah haji merupakan rukun islam yang ke lima. Ibadah ini diwajibkan sekali seumur hidup, bagi yang mampu dan telah memenuhi persyaratannya. “Oleh sebab itu, sejak dini perlu kita gerakan para pelajar kita untuk mempelajari tata cara pelaksanaan ibadah haji,” tuturnya.

Menurutnya, lomba ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para pelajar mengenai tahapan-tahapan dalam menunaikan ibadah haji yang baik dan benar. “Melalui manasik haji, para pelajar akan memperoleh pembekalan tentang tata laksana haji. Selamat mengikuti, serta menyimak penyampaian materi dengan baik,” kata Rubama.

Sebelumnya, Ketua Panitia, Saptul Anwar mengatakan, lomba manasik haji tingkat pelajar ini memang rutin setiap tahun di selenggarakan. “Kegiatan ini dimaksud untuk, memberikan pengetahuan tentang tahapan-tahapan dalam menunaikan ibadah haji, yang merupakan rukun Islam yang ke lima,” jelasnya

Jumlah peserta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, berjumlah sekitar 1.000 orang. Mereka berasal dari sejumlah sekolah di Kota Kasongan dan Kereng Pangi, Kecamatan Katingan Hilir. “Kelompok peserta nantinya, akan akan dinilai oleh tim juri. Selain itu, peserta akan diberikan piagam penghargaan dan piala,” ejlasnya.

Tujuan manasik haji bagi kalangan anak-anak sekolah ini, untuk mengenalkan sejak dini tata cara menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah itu. Jalanya kegiatan berlangsung meriah, peserta lomba dilepas langsung keberangkatannya Asisten II. Dalam lomba ini, para peserta juga melaksanakan rukun haji. Di antaranya ihram, menjalankan niat ibadah haji karena Allah, wukuf atau berhenti di Arafah. Kemudian tawaf atau mengelilingi Kabbah, hingga sai serta tahalul. (tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *