Barito TimurDPRD Barito Timur

Perlu Kesadaran Bersama Untuk Mencegah Karhutla

TAMIANG LAYANG, Gerakkalteng.com- Selama ini masyarakat masih belum bisa menerima upaya membersihkan lahan tanpa membakar, menyikapi persoalan ini, anggota DPRD Barito Timur, meminta kepada masyarakat untuk menjaga dan kesadaran bersama dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan.

“Masyarakat sekarang masih terkesan meremehkan aturan, bahkan hukumnya sudah jelas ketika masyarakat membakar hutan dan lahan dengan sengaja” Ujar Rini, selasa (17/9).

Rini meminta, kepada seluruh elemen masyarakat dibarito timur, untuk membangun kesadaran bersama dalam mengatisipasi dan penanganan secara optimal apabila terjadi karhutla.

Dirinya menilai, dampak karhutla sangat penting untuk dikampanyekan dan menjadikan opini bersama bahwa kabut asap derita bersama.

“Karhutla bukan hanya dirasakan masyarakat setempat, tapi juga daerah lain pasti kena dampaknya, yang mungkin tak tau apa-apa,” bebernya.

Menurutnya, efek karhutla tidak pandang strata dan status, mau pejabat, rakyat biasa, tentara, polisi, siapapun terkena dampak.

Untuk itulah intansi terkait agar memberikan solusi kepada masyarakat terutama dalam pengelolaan lahan pertanian.

Pihaknya berharap, agar masyarakat barito timur ikut prokaktif mengawal dan menjaga lahan dan hutan secara bersama.

“masyarakat diperbolehkan melapor dan melakukan aduan jika melihat adanya oknum yang melakukan pembakaran secara sengaja” tutupnya.(ag)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!