Barito TimurDPRD Barito Timur

Tingkatkan Kepedulian Terhadap Hak Anak

"Sehingga anak-anak siap menjadi generasi penerus yang tangguh dan berkualitas," kata Habib Said saat menyampaikan sambutannya, kemarin (27/9/2019).

gerakkalteng.com – TAMIANG LAYANG – Wakil Bupati Kabupaten Bartim, Habib Said Abdul Saleh mengajak seluruh elemen masyarakat agar dapat berpartisipasi secara aktif untuk meningkatkan keperdulian dalam menghormati, menghargai serta menjamin hak-hak anak tanpa diskriminasi. Selain itu mampu memastikan segala hal yang terbaik untuk anak dalam pertumbuhan dan perkembangan masa tumbuh kembang anak.

Wabup mengatakan, dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional Indonesia (HANI) tahun 2019, diharapkan bisa dijadikan momentum untuk meningkatkan keperdulian terhadap anak. Dimulai dari orangtua, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media masa dan pemerintah terhadap pemenuhan han dan perlindungan terhadap anak. Sehingga sebutnya anak-anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

“Sehingga anak-anak siap menjadi generasi penerus yang tangguh dan berkualitas,” kata Habib Said saat menyampaikan sambutannya, kemarin (27/9/2019).

Ditambahkan Wabup Bartim ini, bahwa tema HANI tahun 2019 adalah “Peran Keluarga dalam Perlindungan Anak” dengan sub tema “Perkuat Peran Keluarga Dalam Berbagai Upaya untuk Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak dan Wujudkan Pengasuhan yang Berkualitas dan Berbasis Hak anak yang Dimulai dari Keluarga”.

“Dari tema yang ada dapat dimaknai sebagai keperdulian bangsa  terhadap hak dan perlindungan anak, agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal,” timpalnya.

Hal itu sebut Wabup, termuat dalam Pasal 28 Ayat (2) UUD 1945 yang mengamanatkan agar negara menjamin hak setiap anak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta hak atas perlindungan dari kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi. Selain itu juga tambah Wabup di dalam Undang-Undang 23 tahun 2002 tentang perlundungan anak, dinyatakan bahwa batasan pengertian anak adalah seseorang yang belum berusia 18 tahun.

“Sehingga sangat jelas bahwa pemerintah sangat memperhatikan keberadaan, hak dan perlindungan anak yang akan menjadi generasi penerus dimasa mendatang,” terangnya.

Wabup juga berharap didalam kehidupan kita sehari-hari. Merupakan potensi dan cita-cita perjuangan bangsa yang memiliki peran strategis dan mempunyai ciri dan sifat khusus yang memerlukan perlindungan.

“Dalam rangka menjamin pertumbuhan, perkembangan fisik, mental dan sosial secara utuh,” tandasnya. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!