Barito TimurDPRD Barito Timur

Barito Timur Akan Kembangkan Ayam Petelor

TAMIANG LAYANG, Gerakkalteng.com– Pemerintah Kabupaten Barito Timur melalui Dinas Pertanian dan Perternakan(Distanak) setempat mulai mengembangkan peternakan ayam petelur. Untuk langkah ini, sebagai upaya untuk mendukung program pemerintah dalam mencegah dan menurunkan angka stunting diwilayah barito timur.

Riza mengatakan, salah satu upaya untuk mencegah terjadinya stunting pada anak, ialah dengan pemenuhan protein yang berasal dari Hewan, untuk itu salah satu langkah diambil yakni, pengembangan ayam petelur dalam memenuhi kebutuhan protein, ucap Riza.

“Untuk mencegah stunting sebagai salah satu cara pencegahan melalui pemenuhan protein asal hewan,” ungkap, Riza. Rabu (27/11)

Riza menjelaskan, dengan pengembangan ayam petelur ini juga untuk memenuhi kebutuhan protein hewan masyarakat barito timur, secara keseluruhan pasalnya untuk saat ini, jumlah perternak ayam petelur yang ada di barito timur, belum memenuhi kebutuhan masyarakat wilayah setempat.

“Untuk sejauh ini jumlah perternak ayam petelur yang ada dalam daerah masih belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat barito timur.”katanya.

Riza menambahkan, bahwa kondisi luas wilayah barito timur memungkinkan untuk menjadi sentral perternak ayam petelur, sebab dokter hewan juga tersedia dan jumlah penyuluh pertanian yang ada cukup untuk membina masyarakat dalam pengembangan dan budidaya ayam petelur didalam daerah.

“Untuk ketersediaan pangan juga tidak sulit didapatkan karena sudah ada pabrik pangan ternak di desa tampa kecamatan paku, serta ada kelompok tani yang diajarkan mengelola pakan secara swadaya dengan mesin pengelola pangan,” pungkasnya.(ag)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *