Barito TimurDPRD Barito Timur

Pemerintah Siap Dukung Dua Raperda Inisiatif Dewan

TAMIANG LAYANG, Gerakkalteng.com- Bupati Barito Timur Ampera A Y Mebas sangat mendukung dua rancangan peraturan daerah (Raperda) inisiatif dari DPRD setempat yakni, tentang bantuan hukum bagi masyarakat tidak mampu dan perlindungan sumber air baku.

“Sangat mendukung penuh dan itu rencana ditetapkan menjadi perda ditahun 2020, kita sangat menginginkan masyarakat yang tidak mampu mendapatkan upaya bantuan hukum,” ucap bupati. Rabu(27/11) siang tadi.

Selain itu bupati juga menjelaskan, terkait sumber air baku selama ini dibarito timur belum ditetapkan mutu baku air, ujar orang nomor satu dibarito timur.

“Sehingga nanti terkadang Dinas Lingkungan Hidup kesulitan mengevaluasi kualitas sumber air baku,” ucapnya.

Terpisah, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Barito Timur Ariantho mengungkapkan bahwa yang dimaksud masyarakat tidak mampu dalam raperda tersebut yakni masyarakat yang tidak mampu, baik secara hukum maupun ekonomi.

Sedangkan untuk raperda inisiatif satunya memprioritaskan perlindungan terhadap terhadap sumber air baku yang ada dibarito timur, mengingat aktivitas perkebunan dan pertambangan yang pasti berpengaruh pada sumber air baku.

“Dengan terbentuknya peraturan daerah ini, maka akan ada regulasi yang nanti bisa dilaksanaka. Oleh pemerintah dan DPRD untuk mengamankan dan melindungi sumber air dan aktivitas-aktivitas perkembunan dan pertambangan, ujarnya.

Ariantho juga optimis, pada tahun 2020 nanti bahwa dua raperda tersrbut bisa rampung atau terselesaikan menurutnya, yang penting kesiapan dari pihak esekutif sebab dari legislatif sudah mengajukan pada rapat pembahasan awal tadi agar esekutif, agar esekutif tidak mengajukan bersamaan dengan jadwal perda wajib.

“Kita sangat optimis dua raperda inisiatif dan 15 raperda lain yang diajukan esekutif akan selesai dibahas pada tahun 2020,”Pungkasnya.(ag)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *