DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

Anggaran Pilkades Capai Rp3,5 Miliar

“Kita berharap sebelum pelaksanaan Pilkades ini anggaran sudah cair. Jika tidak salah dana yang diperlukan untuk Pilkades 43 desa ini berkisar Rp3,5 miliar segera cair,” ujarnya.

gerakkalteng.com – SAMPIT – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kotawaringin Timur (Kotim) mengusulkan angggaran dana pilkades tahun ini yang diperkirakan dilaksanakan pada akhir Februari atau awal Maret ini mencapai Rp 3,5 miliar.

Walaupun dana tersebut belum cair setelah baru diusulkan dan berharap segera dicairkan sebelum pelaksanaan pilkades dimulai nantinya. Hal itu diungkapkan Kadis DPMD Kotim, Hawianan.

“Kita berharap sebelum pelaksanaan Pilkades ini anggaran sudah cair. Jika tidak salah dana yang diperlukan untuk Pilkades 43 desa ini berkisar Rp3,5 miliar segera cair,” ujarnya.

Ungkap Hawianan, kisaran anggaran lain yang digunakan untuk keperluan yang besar itu adalah honor panitia. Setelah itu biaya operasional, administasi dan biaya logistik. Dan sampai pada biaya untuk pelantikan nanti.

“Kita berharap dengan anggaran yang sudah kita hitung itu mudah-mudahan cukup. Saya berharap disisa waktu ini calon Kades ini bisa mensosialisasi kan kepada masyarakat. Jangan memprovokasi calon yang lain, utamakan dan kedepankan visi dan misi itu yang saya inginkan,” harapnya.

Menurutnya, tahapan Pilkades ini sudah pada tahapan pengambilan nomor urut yang diperkirakan pula sudah selesai. Meski, ada beberapa desa yang lalu untuk bakal calon Kades melebihi dari 5 orang maka akan dilakukan seleksi. Saat ini semua bakal calon sudah menjadi calon Kades.

 “Ini sudah kita sampaikan kepada panitia dan juga calon Kades. Jika ada informasi lainnya tentu akan kita sampaikan nantinya. Jadi, saat ini semua panitia pemilihan kepala desa sudah siap semuanya,” jelasnya.

Tambah Hawiana, Untuk saat ini kendala terkait Pilkades sampai saat ini tidak ada selain lima orang calon yang belum selesai seleksinya.

“Memang ada beberapa desa yang lebih dari lima peserta. Ini kita fasilitasi untuk mengikuti tes tertulis yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab kepala desa. ini kita yang berikan soalnya selain syarat administrasi tersebut,” akuinya. (so/agg)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!