DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Manfaatkan Lahan Produktif di Musim Hujan

Anggota Komisi B DPRD Palangka Raya, Ruselita, Jumat (3/1/2020).

PALANGKA RAYA GERAKKALTENG. COM-Kalangan anggota DPRD Palangka Raya mendorong para petani yang ada di kota setempat untuk dapat memanfaatkan lahan pertanian secara maksimal di musim penghujan saat ini.

“Musim hujan membuat lahan pertanian menjadi subur dan produktif untuk ditanam berbagai bibit komoditas pangan,”ungkap anggota Komisi B DPRD Palangka Raya, Ruselita, Jumat (3/1/2020).

Dikatakan, para petani akan diuntungkan dengan musim penghujan saat ini, karena area lahan pertanian yang dimiliki petani akan selalu dalam kondisi basah, sehingga memudahkan dalam upaya mengembangkan produktivitas petanian pangan.

Sedangkan sebaliknya, bila musin kemarau tentu lahan pertanian akan mengalami kekeringan, para petani harus mengimbangi dengan upaya penyediaan air. Seperti memanfaatkan embung dan ketersedian air lainnya.

“Kalau musim penghujan ini tentu petani diuntungkan dengan kondisi lahan yang basah,terlebih sebelumnya sempat mengalami kekeringan,”ujar Ruselita.

Lebih lanjut politisi Partai Perindo ini mengungkapkan, jika sektor pertanian di Kota. Palangka Raya masih cukup potensial untuk dikembangkan. Hanya saja tergantung bagaimana upaya para petani dalam menggenjot pengembangannya.

“Intinya, petani di Kota Palangka Raya harus bisa melihat peluang, sebut saja memilah-milah komoditas pangan yang tepat untuk ditanam dan dikembangkan serta memiliki kualitas produksi,”sebutnya.

Selebihnya Ruselita menambahkan, apabila musim penghujan saat ini adalah menjadi suatu kesempatan bagi pelaku pertanian di Kota Palangka Raya untuk memanfaatkan lahan produktif yang bisa menghasilkan sektor pertanian dan perkebunan yang potensial serta menjanjikan untuk dikembangkan kedepan.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *