DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

DPRD Kota Ajak Masyarakat Berantas Narkoba

PALANGKA RAYA, Gerakkalteng.com- Keprihatinan Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto, atas adanya sejumlah kasus narkoba yang ada di Kota Cantik ini, melatarbelakanginya untuk mengajak, seluruh lapisan masyarakat, peka terhadap penyalahgunaan narkoba, terutama di lingkungan sekitar.

Sigit K Yunianto mengatakan, selain aparat penegak hukum, masyarakat juga memiliki peranan penting, dalam memberantas narkoba. Karena, tanggung jawab moral untuk memberantas dan menekan pereradaran narkoba, juga menjadi perhatian bersama.

“Pemerintah hanya mengingatkan dan mensosialisasikan penerapan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), terutama dalam upaya pencegahan dan pemberantasan narkotika di Kota Palangka Raya bersama masyarakat,” ucapnya kepada awak media, Minggu (16/2).

Politisi Partai PDIP Kalteng ini juga berharap, agar masyarakat dapat turut serta secara aktif, membantu menyukseskan program Germas. Dan, jangan sampai masyarakat membiarkan itu semakin masif beredar.

Dijelaskan Sigit, Germas itu sendiri merupakan sebuah program terencana, yang dilakukan secara bersama-sama oleh semua komponen masyarakat, dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat dalam rangka meningkatkan kualitas hidupnya.

Jadi, pelaksanaan Germas harus dimulai dari diri sendiri dan keluarga. Sehingga, nantinya dengan menerapkan Germas, diharapkan generasi muda dan masyarakat, dapat berperilaku hidup sehat, tanpa narkoba. Kondisi tersebut akan meminalisir dan menghindari penyalahgunaan narkoba di masyarakat.

“Oleh sebab itu, kami meminta agar peran RT dan RW sebagai ujung tombak, sekaligus kepanjangan tangan pemerintah, hendaknya dapat mengoptimalkan pengawasan di lingkungan sekitarnya.”

“Kami berharap, agar RT dan RW dapat mengoptimalkan pengawasan ke lingkungan sekitarnya, sekaligus pula menjadi benteng, dalam menekan peredaran narkoba di masyarakat. Kepedulian bersama, hendaknya dimulai dari lingkungan keluarga, masyarakat dan sekitarnya,” terangnya.

Selain itu menurut Sigit, upaya pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran narkoba dibutuhkan adanya sinergitas antar pihak, baik Pemerintah Kota (Pemko) maupun instansi vertikal dengan melibatkan peran masyarakat untuk merumuskan kebijakan dalam rangka memberantas peredaran narkoba.

“Sekali lagi, saya mengajak bersama-sama, membulatkan tekad dalam mewujudkan Kota Palangka Raya, yang maju dan bebas dari narkoba. Serta, membudayakan hidup sehat dengan berolahraga, dan tanamkan kepada para generasi muda, agar tidak mudah terjerumus pada hal-hal negatif,” tutup Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto. (YS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!