Barito TimurDPRD Barito TimurHEADLINE

Riam Kendong Jadi Salah Satu Objek Wisata Andalan di Bartim

“Untuk wisata riam Kendong sudah masuk tahap pengelolaan, agar nanti pada tanggal 6 Februari rencananya kita bahas soal perjanjian kerjasama dengan Dinas Kehutanan tingkat provinsi, KPHP Buntok dan juga dari pihak swasta,” ungkap Forty.

Keterangan : Plt Kepala Dinas Dibudparpora Fort Rickyanno saat meninjau lokasi wisata.

gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Banyak wisata yang harus dikembangkan dan dilestarikan, salah satunya Obyek Wisata Riam Kendong yang berada di Desa Batuah, Kecamatan Raren Batuah bakal segera memberikan kontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah atau PAD Barito Timur.

Plt Kepala Dinas Dibudparpora Barito Timur, Forty Rickyanno mengungkapkan bahwa untuk pengembangan destinasi wisata yang akan dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Barito Timur, sudah ada beberapa destinasi wisata yang miliki potensi dan siap untuk kita kembangkan, ucap Forty, Selasa (4/2/2020).

“Untuk wisata riam Kendong sudah masuk tahap pengelolaan, agar nanti pada tanggal 6 Februari rencananya kita bahas soal perjanjian kerjasama dengan Dinas Kehutanan tingkat provinsi, KPHP Buntok dan juga dari pihak swasta,” ungkap Forty.

Ia menerangkan, jika perjanjian kerjasama sudah ditandatangani, maka Pemkab Bartim memiliki legalitas untuk melakukan pemungutan retribusi pada obyek wisata tersebut sehingga nanti dapat menjadi sumber pendapat asli daerah atau PAD.

“Bila perjanjian kerjasama sudah disepakati, maka Pemkab memiliki legalitas untuk melakukan pemungutan retribusi, sehingga dapat menjadi sumber PAD,” timpalnya.

Ia menjelaskan bahwa Barito Timur sebenarnya memiliki cukup banyak potensi obyek wisata, namun seringkali yang menjadi kendala adalah akses jalan menuju tempat kawasan itu.

“Untuk di riam Kendong pada buku tamunya kebanyakan pengunjung minta tolong jalanya dibangun. Dan tahun ini mungkin melalui Dinas PUPR akan segera bangun jalan di sana,” tambahnya.

Dirinya menambahkan bahwa tempat obyek wisata riam Kendong yang berada di kawasan hutan produksi memiliki tempat destinasi wisata air terjun dan pemandian air panas.

“Untuk tempat pengelola obyek wisata riam Kendong langsung ditangani oleh pemerintah melalui dinas terkait,” pungkas Forty. (ag/agg)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!