Barito TimurDPRD Barito TimurHEADLINE

Berikut Fakta Penyebaran Covid-19 di Bartim

gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Terkait adanya satu kasus yang positif Covid-19 baru yang menjadi zona merah, dan kini tertinggal 6 kecamatan lagi di wilayah Kabupaten Barito Timur yang belum memiliki kasus positif Covid-19 ini.

Enam kecamatan yang belum memiliki kasus positif Covid-19 antara lain, Kecamatan Raren Batuah, Kecamatan Awang, Kecamatan Paku, Kecamatan Karusen Janang, Kecamatan Paju Epat dan Kecamatan Patangkep Tutui.

Sebelumnya pemerintah daerah Kabupaten Barito Timur, sudah jauh-jauh hari agar masyarakat taat dan patuh terhadap protokol kesehatan, namun kenyataannya makin bertambah kasus positif Covid-19 dan masyarakat juga perlu waspada dan sungguh-sungguh mematuhi aturan dan protokol Covid-19 yang sudah diterapkan oleh pemerintah.

Hal tersebut diutarakan, Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Barito Timur dr. Simon Biring cukup mengkhawatirkan persepsi masyarakat yang keliru tentang normal baru atau new normal.

Dikatakannya, jika masyarakat menganggap new normal sebagai kembali kepada aktivitas seperti sediakala sebelum pandemi Covid-19 ini serta mengabaikan protokol kesehatan, maka akan sulit bagi Gugus Tugas untuk melakukan penanganan dan memutus mata rantai penularan Covid-19 di Kabupaten Barito Timur ini.

Untuk saat ini RSUD Tamiang Layang sedang merwat 5 orang pasien yang sudah positif Covid-19, padahal ruang isolasi yang tersedia di rumah sakit tersebut hanya cukup 10 kamar.

“Masyarakat beranggapan new normal itu sebuah kebebasan dan tidak menjalankan protokol kesehatan, seharusnya tetap menjaga jarak dari kerumunan banyak orang, selalu menggunakan masker, cuci tangan pakai sabun antiseptik,” ucap dr. Simon Biring, Jumat (26/6/2020).

10 kecamatan yang ada di kabupaten Barito Timur ini, sudah 4 kecamatan yang memiliki kasus positif Covid-19 antara lain Kecamatan Benua Lima 3 kasus, Kecamatan Pematang Karau 1 kasus, Kecamatan Dusun Tengah 11 kasus dan Kecamatan Dusun Timur 1 kasus jadi total yang positif Covid-19 baru menjadi 16 kasus.

“Saya berharap untuk 6 kecamatan yang belum memiliki kasus positif Covid-19, harus disiplin dan mengikuti protokol kesehatan. Untuk 4 kecamatan ayo segera bangkit dan lawan Covid-19 dengan cara taat dengan mematuhi imbauan Pemerintah dan protokol kesehatan,” pungkasnya. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!