DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Minum Jamu Sebagai Upaya Cegah Virus Corona

Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto.

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Sosialisasi pencegahan Virus Corona atau Corona Virus Disease (Covid-19), dinilai penting untuk dilakukan oleh banyak pihak, sehingga masyarakat tahu cara meningkatkan daya tahan atau kekebalan tubuh terhadap virus tersebut.

“Ya, penting disosialisasikan cara pencegahan virus ini. Sebut saja melalui jamu tradisional,”ungkap Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto, disela sela kegiatan gerakan minum jamu gratis yang digelar PDI Perjuangan Provinsi Kalteng Senin (16/3/2020).

Sigit menyebutkan, jamu tradisional berbahan baku rempah-rempah diyakini mampu menjadikan badan sehat dan terhindar dari berbagai ancaman virus penyakit, termasuk Covid-19. Sebab menurutnya, meski minum jamu hanya sebagai pencegahan, namun hal tersebut tentu secara langsung akan meminimalisir penyebaran virus tersebut.

“Ada baiknya sosialisasi pencegahan corona ini dilakukan secara langsung. Seperti halnya jamu yang disebut-sebut mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Maka itu kita ajak masyarakat mengonsumsinya,”ajaknya lagi.

Terkait langkah pemerintah dalam hal pencegahan virus corona. Terutama adanya pembatasan kegiatan yang mengumpulkan massa hingga penutupan tempat hiburan malam (THM), dinilai Sigit sudah tepat. Hanya saja, langkah tersebut juga harus ditunjang dengan pemahaman masyarakat terkait upaya menjaga kesehatannya sendiri.

“Masyarakat mungkin saja kurang memahami apa saja yang harus dilakukan untuk memproteksi diri dari virus ini. Oleh sebab itu sosialisasikan cara pencegahan oleh banyak pihak dan lembaga-lembaga terkait harus terus dilakukan,”tuturnya.

Disatu sisi imbuh Sigit, pemerintah dan berbagai lembaga kesehatan harus mampu meyakinkan masyarakat, bahwa pecegahan virus corona ini dapat dilakukan dengan hal sederhana. Sehingga dengan sosialisasi tersebut masyarakat tidak panik terhadap wabah endemi ini.

Terakhir, Sigit mengharapkan, agar ditengah situasi saat ini semua pihak harus memperkuat sinergitas dalam hal pencegahan virus corona tersebut.

“Intinya, menjaga kekebalan ditengah merebaknya virus corona ini tidak perlu mahal. Cukup dengan hal sederhana. Seperti meminum jamu, mencuci tangan secara ritun, menggunakan masker dan cara sederhana lain,”tandasnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *