DPRD Gunung MasGunung MasHeadline

Sistem Kerja ASN di Gumas Berubah Selama Covid-19

Surat dengan nomor 706/58/ORG/III/2020 itu berisikan delapan poin penting yang wajib dilaksanakan oleh seluruh satuan organisasi perangkat daerah (SOPD), RSUD, Camat dan Lurah se Kabupaten Gunung Mas.

FOTO : Sekda Gunung Mas, Yansiterson.

gerakkalteng.com – KUALA KURUN – Sekretariat Daerah Kabupaten Gunung Mas mengeluarkan surat tentang penyesuaian sistem kerja aparatur sipil negara (ASN) sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 pada Senin (23/3/2020).

Surat dengan nomor 706/58/ORG/III/2020 itu berisikan delapan poin penting yang wajib dilaksanakan oleh seluruh satuan organisasi perangkat daerah (SOPD), RSUD, Camat dan Lurah se Kabupaten Gunung Mas.

Sekda Gunung Mas, Yansiterson dalam suratnya menuturkan bahwa penyesuaian kerja ASN tersebut terpaksa diterapkan sebagai upaya menyikapi cepatnya penyebaran virus corona atau Covid-19 dan mendukung kebijakan pemerintah tentang Social Distancing serta menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Kalteng Nomor 800/29/IV tanggal 18 Maret 2020.

“Sehubungan dengan itu, maka seluruh kepala SOPD, RSUD, Camat dan Lurah di Pemkab Gunung Mas perlu penyesuaian sistem kerja, diantaranya apel rutin pagi/sore dan senam pagi tiap hari Jumat sementara waktu ditiadakan terhitung sejak tanggal 23 Maret hingga 30 April 2020,” sebutnya.

Kemudian seluruh ASN diminta tetap melakukan absensi, namun diimbau menggunakan scan wajah atau secara manual. Hindari penggunaan absen sistem sidik jari.

“Lalu ibadah pembinaan rohani ASN yang selama ini rutin digelar Pemkab Gunung Mas ditiadakan selama bulan April 2020,” jelasnya.

Dalam kurun bulan Maret hingga April 2020, seluruh kepala SOPD di daerahnya diminta menunda kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang banyak.

“Kemudian membatasi perjalanan dinas keluar daerah, kecuali untuk hal-hal yang sifatnya penting dan mendesak saja,” tegasnya.

Dalam suratnya, Yansiterson juga meminta kepada semua kantor penyelenggara pelayanan publik harus membersihkan fasilitas layanan secara menyeluruh setiap hari dengan menggunakan disinfektan sesuai kebutuhan.

“Terakhir, seluruh ASN di Gunung Mas diminta tetap tenang dan tidak perlu panik berlebihan. Seyogianya ASN justru dapat memberikan edukasi yang baik kepada masyarakat dalam menyikapi penyebaran Covid-19 yang tengah merebak saat ini,” pungkasnya. (agg/hms)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *