HEADLINEPalangka Raya

Kapolres Palangka Raya di Tampung Tawar

TAMPUNG TAWAR : Ritual tampung tawar kepada Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar yang telah mendapat gelar kehormatan dari masyarakat Dayak sebagai Mantir Panambahan Karambang Lewu Mandereh Danum”, Rabu (4/4), di rumah jabatan (Rujab) Wali Kota Palangka Raya.

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG,COM -Ada suasana berbeda di rumah jabatan (Rujab) wali kota Palangka Raya, dimana tampak sejumlah tokoh adat Dayak berkumpul. Ternyata disana ada kegiatan pelaksanaan tampung tawar untuk menyambut Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar yang telah mendapat gelar kehormatan dari masyarakat Dayak sebagai Mantir Panambahan Karambang Lewu Mandereh Danum .
Gelar yang disandang oleh Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar tersebut diberikan oleh Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng, ketika HUT Polda beberapa waktu lalu.
“Gelar satu jabatan dalam suku Dayak ini penting. Karena Pak Kapolres yang menerima gelar tersebut, maka secara adat harus melalui ritual tampung tawar,”ungkap Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia dalam kapasitasnya sebagai Ketua DAD Kota Palangka Raya, usai acara ritual tampung tawar kepada Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar sebagai Mantir Panambahan Karambang Lewu Mandereh Danum, Rabu (4/4/2018).
Menurut Riban , gelar yang disandang oleh Kapolres bukanlah jabatan adat sembarangan, karena merupakan warga kehormatan Dayak Kalteng, yang dipandang mampu menjaga keamanan dan ketertiban serta bertanggungjawab sebagai pelindung, penganyom dan penegakan hukum dalam rangka meningkatkan harkat dan martabat masyarakat adat Dayak.
“Bagaimana nantinya pak mantir (kapolres) bisa bekerjasama dengan Pemerintah Kota Palangka Raya, untuk memberikan dukungan moral , tugas dan fungsi dalam menjaga kamtibmas di ‘Kota Cantik ini,”ucapnya.
Ditempat yang sama, Kapolres AKBP Timbul RK Siregar memberikan apresiasi yang sangat besar atas kepercayaan masyarakat adat Dayak, dengan memberikan gelar kehormatan tersebut
“Saya akan menjaga kepercayaan ini, dengan terus menjaga kamtibmas di Kota Palangka Raya dengan baik sesuai harapan bersama,”tegasnya, seraya meminta kerjasama dengan masyarakat adat untuk ikut serta menciptakan kamtibmas yang kondusif.
Dalam acara tampung tawar yang dibalut dengan syukuran tersebut, dihadir para panatua adat Dayak, seperti Lewis KDR, Ketua Harian DAD Kalteng Andrie Ellia Embang, Damang pahandut, Marcos Tuwan, serta tokoh adat Dayak lainnya. Acara juga dihadiri pejabat TNI,Polri dan jajaran Pemerintah Kota Palangka Raya.VS

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!