Barito SelatanDPRD Barito SelatanHeadline

Terkait Kartu Pra Kerja, 245 Warga Barsel Telah Rerregistrasi

“Yang mendaftar 364 orang dan berhasil Registrasi pada website Kartu Pra kerja 245 orang,” jelas koodinator sekretariat gabungan pendaftaran kartu pra kerja, stimulan UMKM dan bantuan langsung tunai (BLT) Barsel, Ida Safitri melalui pesan WhatsApp, Jumat (17/4/2020).

FOTO : Kartu Pra Kerja.

gerakkalteng.com – BUNTOK – Sejak dibuka pada Sabtu (11/4/2020) lalu hingga Jumat (17/4/2020), sebanyak 245 orang dari 364 pendaftar di Kabupaten Barito Selatan, telah dinyatakan terregistrasi sebagai calon penerima kartu pra kerja.

“Yang mendaftar 364 orang dan berhasil Registrasi pada website Kartu Pra kerja 245 orang,” jelas koodinator sekretariat gabungan pendaftaran kartu pra kerja, stimulan UMKM dan bantuan langsung tunai (BLT) Barsel, Ida Safitri melalui pesan WhatsApp, Jumat (17/4/2020).

Berdasar keterangan yang disampaikan Kepala Dinas Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Barsel, Agus In’yulius, pendaftaran calon penerima kartu pra kerja ini sendiri, akan terus dibuka oleh pihaknya hingga semua kuota Kalimantan Tengah terpenuhi, yakni sebanyak 49.472 kartu.

“Sampai masa Covid-19 berakhir dan sampai kuota kita habis. Diterima terus mas, sampai server di kementrian menutupnya,” sebutnya.

Namun semua calon yang sudah terregistrasi tersebut, tidak serta merta dinyatakan sebagai penerima kartu, sebab harus menunggu hasil verifikasi dan apabila ternyata ada yang dinyatakan tidak lolos, maka akan diregistrasi ulang pada gelombang kedua yang dimulai pada tanggal 20 April 2020 mendatang.

“Yang sudah terverifikasi masih menunggu pengumuman pusat, untuk sah mendapatkan kartu pra kerja tersebut. Kalau di pengumuman setelah ini ada yang tidak lulus, maka ditarik ke gelombang kedua mulai tanggal 20 ini,” kata Agus.

Selanjutnya, secara terperinci ia menjelaskan, bahwa kartu pra kerja ini tidak hanya untuk yang terdampak Covid-19 saja, tapi juga untuk masyarakat berusia muda yang ingin mendapatkan pelatihan di bidang yang diinginkan, seperti las, bahasa inggris, wirausaha dan lainnya.

Sesuai modul pelatihan yang tersedia, serta bagi yang ingin meningkatkan kompetensinya juga bisa mendapatkan kartu tersebut.

“Jadi pendataan ini, tidak hanya untuk yang terdampak Covid-19. Hanya saja, saat ini lebih diutamakan bagi yang para karyawan yang terdampak Covid-19, seperti di rumahkan atau di PHK,” jelasnya.

Selain calon penerima kartu pra kerja, sekretariat bersama yang terdiri dari Disnakertrans, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop dan UMKM), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pedesan dan Sosial (DSPMDes dan Sosial) serta Dinas Pemuda dan Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Barsel itu, juga telah melaksanakan pendataan UMKM calon penerima bantuan dana stimulan.

Dari hasil pendataan sementara, sebanyak 1.645 orang telah berhasil dimasukan kedalam daftar calon penerima bantuan.

“Kalau UMKM masih tetap 1.645 orang,” bebernya. (petu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *