DPRD KapuasHeadlineKapuas

Tim Satgas Kapuas Inspeksi ABK Asal Zona Merah Covid-19

Tim melakukan inspeksi dan disinfeksi terhadap tug boat asal Gresik, Jawa Timur yang membawa 10 orang termasuk Anak Buah Kapal (ABK), serta ABK Tongkang. Karena wilayah tersebut masuk dalam zona merah.

gerakkalteng.com – KUALA KAPUAS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas melalui Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Kapuas terus melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Salah satunya mengawasi keluar dan masuknya orang di Kabupaten Kapuas. Tetapi ini tidak hanya jalur darat, termasuk melewati jalur perairan.

Seperti yang dilakukan Tim Satgas Kabupaten Kapuas melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kapuas bersama tim Kesehatan dan Satuan Polisi Air (Polair), di Dermaga Danau Mare Kuala Kapuas, Rabu (1/4/2020).

Tim melakukan inspeksi dan disinfeksi terhadap tug boat asal Gresik, Jawa Timur yang membawa 10 orang termasuk Anak Buah Kapal (ABK), serta ABK Tongkang. Karena wilayah tersebut masuk dalam zona merah.

Kepala Dishub Kabupaten Kapuas, Vitrianson yang diwakili Kepala Pos Laut, Sungai dan Penyeberangan Danau Mare, Mashuri, mengatakan bahwa kapal tugboat ini ingin memasuki Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas. Dengan tujuan ke Sungai Puting untuk menarik tongkang crude palm oil (CPO).

“Mereka kita lakukan inspeksi dan disinfeksi sesuai SOP yang ada yaitu pengecekan suhu tubuh, penyemprotan disinfektan baik itu untuk ABK berjumlah 10 orang maupun alat-alat kapal,” ujar Mashuri.

Lebih lanjut, Mashuri menjelaskan kegiatan inspeksi seperti ini rutin dilakukan. Hal ini dilakukan terhadap kapal-kapal dan sekarang dilakukan juga penyemprotan disinfektan, sekaligus dalam rangka pencegahan covid-19 bersama dengan Satgas Covid-19 Kabupaten Kabupaten Kapuas.

Hal senada juga disampaikan Hendry dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Wilayah Palangka Raya Wilayah Kerja Kabupaten Kapuas, yang menjelaskan mengenai SOP yang dijalankan. Yakni, ABK disemprot dengan disinfektan sebelum turun ke dermaga dan kemudian dilakukan pengecekan suhu tubuh. Sementara itu, dari Polair naik kekapal untuk melakukan disinfeksi alat-alat kapal.

“Diharapkan dengan melakukan ini mereka tidak menularkan virus terhadap penduduk kita,” kata Hendry.

Kemudian, salah seorang petugas Tim Kesehatan dari PSC 119 Kapuas yang melakukan pengecekan suhu tubuh, Ismail Marzuki mengatakan hasil pengecekan diketahui 10 ABK dikatakan normal dengan suhu tubuh dibawah dari 37 derajat.

Sebelumnya, Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Kapuas juga telah melakukan pengecekan Kapal dan beberapa ABK di Pelabuhan Danau Mare pada (31/3/2020). (SS3/AGG)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *