DPRD Kalimantan TengahHeadlineKalimantan TengahKatingan

Disela Reses di Katingan, NasDem Salurkan Bantuan

FOTO : Kegiatan Reses Kelompok Pimpinan/Anggota DPRD Provinsi Dapil Kalteng I di Desa Daun Bango, Kecamatan Kamipang, Selasa (2/6/2020) pagi.

BPKNews.co.id – PALANGKA RAYA – Hari ini Selasa (2/6/2020) merupakan hari kedua pelaksanaan reses kelompok pimpinan DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) ke daerah pemilihan (dapil) masing-masing. Dimana, pelaksanaan reses kelompok ini dilaksanakan terhitung sejak tanggal 31 Mei hingga 7 Juni 2020 mendatang.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalteng, Hj. Faridawaty Darland Atjeh mengatakan bahwa pada hari sebelumnya, mereka yang tergabung dalam kelompok 2 (dua) reses Dapil Kalteng I, meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Gunung Mas sudah melakukan reses kelompok di Kabupaten Katingan.

“Sejak kemarin kelompok 2 Dapil Kalteng I, sudah melakukan reses kelompok di Kabupaten Katingan. Adapun lokasi tujuan reses yang dituju, diantaranya meninjau tempat wisata Bukit Batu, Pasar Kasongan, Ke Kecamatan Tewang Sanggalang Garing, serta melihat secara langsung lokasi persawahan di Desa Pendahara,” Ucap Srikandi Partai NasDem Provinsi Kalteng tersebut, Selasa (2/6/2020).

Lebih lanjut, Dikatakan Ketua DPW Partai NasDem Kalteng ini, selain menyerap berbagai aspirasi dari para konstituen di lapangan, pihaknya juga menyalurkan bantuan masker dan sabun, serta dari Fraksi NasDem sendir berkesempatan menyalurkan paket bantuan bahan pokok dan penting (bapokting) gratis, kepada masyarakat setempat.

Dan pada hari kedua ini, Ungkap Hj. Faridawaty kembali menerangkan bahwa pihaknya juga, melanjutkan reses ke sejumlah tempat, diantaranya Desa Baun Bango, Kecamatan Kamipang, Kabupaten Katingan. Mereka melakukan reses ke Puskesmas dan Kantor Kecamatan Kamipang.

“Daerah ini berada pada zona hijau atau green zona, karena salah satu warga setempat ada yang berstatus ODP dan sudah melakukan isolasi selama 14 hari, dan hasilnya dinyatakan bebas COVID-19,” Bebernya.

Selanjutnya, Kata Hj. Faridawaty, pihaknya juga mennjau data penerima bantuan sosial tunai (BST) dampak pandemi COVID-19 serta beberapa bansos lainnnya, yang ditujukan bagi warga yang ada di daerah setempat.

Dimana berdasarkan keterangan dari pemerintah kecamatan setempat bahwa warga setempat juga telah menerima bantuan pangan non tunai (BPNT), bersumber dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) yang jumlahnya ada sekitar 152 KK.

Sementara, jumlah data masyarakat setempat, terdampak pandemi COVID-19 yang telah diusulkan, untuk bisa menerima bantuan, yakni ada sekitar 1.000 KK, yang merupakan warga kurang mampu dan terdampak.

“Dari kabupaten dapat bantuan, untuk Desa Baun Bango ada sekitar 121 KK, Bantuan KKS untuk Kecamatan Kamipang ada 59 KK, yakni besaran bantuan Rp. 200.000 per bulan, selama 9 bulan. Jadi total bantuan ialah sebanyak 211 KK,” ujar Hj. Faridawaty kembali menerangkan.

Ditambahkan Hj. Faridawaty, pada hari ini pihaknya juga menyalurkan bantuan 50 paket sembako, 50 paket masker vitamin elanos, starmuno dan imboost

Bantuan non pemerintah juga ada, termasuk pula dari partai NasDem untuk posko kecamatan, yakni sebanyak 25 paket, serta bantuan kepada puskesmas 25 paket, 34 paket dan 30 paket, berupa disinfektan dan vitamin. Bantuan dari KONI Kabupaten juga ada.

Disisi lain, Camat Kamipang drs. Sukartie Alijad mengatakan, saat ini BST dampak pandemi COVID-19 dari Kemensos RI yang disalurkan melalui kantor pos, untuk warga setempat ada 300 KK dan itu sudah berjalan.

“Begitupula BLT yang bersumber dari dana desa, yakni sebesar Rp. 600.000 per bulan untuk selama 3 bulan, juga sudah berjalan, yang mana saat ini kami juga sedang mematangkan data calon penerima. Ini harus melalui musyawarah desa (Musdes), targetnya pertengahan bulan Juni 2020 ini harus sudah selesai, perkiraan ada sekitar 300 hingga 400 KK,” Jelasnya.

Sambung drs. Sukartie menerangkan, selain itu bantuan dari pemerintah kabupaten, berupa bantuan sembako gratis juga telah disalurkan sebanyak 300 paket, untuk warga se Kecamatan Kamipang, pada awal bulan Mei 2020 kemarin.

Adapun paket sembako yang dimaksudkan, ialah berupa 10 kg beras, 1 dus mie, sarden, sabun mandi dan sabun cuci. Sedangkan bantuan dari pemerintah provinsi (Pemprov) Kalteng, hingga saat ini masih ditunggu dan datanya juga sudah masuk.

Dirinya juga berharap, khususnya untuk puskesmas setempat, agar adanya penambahan tenaga medis, yakni bidan 2 orang untuk Desa Galinggang, tenaga medis di puskesmas pembantu (Pustu) juga kosong.

Kemudian, mobil puskesmas keliling juga sudah sangat tua, hampir 20 tahun. Begitu juga bangunan puskesmas sudah hampir 30 tahun lebih, tapi ada mendapatkan alokasi Rehab dari Dana Alokasi Khusus (DAK), tapi itu juga masih tertunda, karena COVID-19.

Selain itu, pihaknya berharap agar ada perhatian, khususnya untuk mobil ambulan serta perbaikan jalan dari Kabupaten Katingan.

Sekedar untuk diketahui, dalam reses kelompok 2 Dapil Kalteng I di Desa Baun Bango, Kecamatan Kamipang, Kabupaten Katingan juga diikuti oleh pimpinan/anggota Legislator Provinsi lainnya, seperti Hj. Faridawaty Darland Atjeh (Waket DPRD Kalteng).

Duwel Rawung (Ketua Komisi III), Sriosako (Fraksi Demokrat Kalteng), Sengkon (Perindo/GP4H Kalteng), Eterly Dayun (Anggota DPRD Kabupaten Katingan/NasDem), serta turut diikuti oleh Kapolsek dan Danramil setempat. (YS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *