Barito TimurDPRD Barito TimurHeadline

Dua Puskeswan di Bartim Ini Layani Vaksinasi Rabies Gratis

"Pemerintah juga menyediakan pelayanan di pusat kesehatan hewan (Puskeswan) di Tamiang Layang, Kecamatan Dusun Timur dan Ampah, Kecamatan Dusun Tengah," ujarnya, Jumat (19/6/2020).

FOTO : Bupati Bartim, ampera A.Y Mebas saat melihat langsung proses vaksinasi rabies, Jumat (19/6/2020).

gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Barito Timur menargetkan sebanyak 8.000 vaksinasi rabies massal untuk hewan peliharaan anjing, kucing dan kera tahun 2020.

Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas mengutarakan bahwa pihaknya menargetkan 8.000 vaksin rabies hewan peliharaan tahun ini. Vaksinasi digelar secara berkelanjutan dan gratis ke tiap rumah-rumah warga.

“Pemerintah juga menyediakan pelayanan di pusat kesehatan hewan (Puskeswan) di Tamiang Layang, Kecamatan Dusun Timur dan Ampah, Kecamatan Dusun Tengah,” ujarnya, Jumat (19/6/2020).

Menurut bupati, vaksinasi dilakukan guna mencegah adanya penularan kasus gigitan yang membahayakan keselamatan pemiliknya.

“Vaksinasi dilakukan sesuai saran, apabila tertinggal warga bisa membawa hewan kesayangan ke Puskeswan Tamiang Layang dan Ampah. Vaksin dijamin gratis alias tidak dipungut biaya,” janjinya.

Selain vaksinasi rabies, pemerintah juga berencana membuat regulasi terhadap hewan peliharaan. Tujuannya untuk mengedukasi warga supaya tidak menelantarkan dan membiarkan hewan peliharaan begitu saja.

“Mungkin dalam bentuk aturan atau edaran nanti supaya memelihara hewan tidak hanya dilepas, tetapi memiliki rasa tanggungjawab dan penuh selalu menjaga,” ujarnya.

Saat ini banyak sekali hewan kesayangan seperti anjing berkeliaran di jalan. Bahkan sering tertabrak kendaraan dan berujung kematian.

“Jadi kita mau aturan nanti harus mewajibkan masyarakat Barito Timur yang memiliki hewan peliharaan harus dijaga tidak berkeliaran seperti dengan cara dirantai atau dikurung supaya tidak membahayakan warga sekitarannya,” pungkas Ampera. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *