Barito TimurDPRD Barito TimurHEADLINE

Ini Pesan Kadis DPMD Bartim Terkait Padat Karya Tunai

"Sebabnya program padat karya tunai harus melibatkan masyarakat sekitarnya, pengangguran, setengah pengangguran dan kelompok-kelompok di lingkungan desa harus dilibatkan," ucap Barnusa, Kamis (23/7/2020).

FOTO : Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMPD) Kabupaten Barito Timur Ir. Barnusa.

gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMPD) Kabupaten Barito Timur Ir. Barnusa meminta, agar perekrutan peserta padat karya tunai desa harus melibatkan warga.

“Sebabnya program padat karya tunai harus melibatkan masyarakat sekitarnya, pengangguran, setengah pengangguran dan kelompok-kelompok di lingkungan desa harus dilibatkan,” ucap Barnusa, Kamis (23/7/2020).

Menurutnya, peserta yang bekerja musti memiliki keterampilan pada bidang yang hendak dikerjakan. Kumpulkan orang-orang tersebut untuk kemudian dapat transfer ilmu kepada warga lain yang belum memiliki keahlian serupa.

“Salah satunya membangun jalan, masyarakat yang sudah ahli di bidangnya harus dilibatkan dalam pengerjaannya. Sehingga warga yang kurang mengerti bisa belajar, sehingga kepala desa punya kewenangan memanfaatkan warganya untuk berkerja jadi tidak usah lagi mencari tukang pekerja dari luar desa,” ujarnya.

Selain bertujuan untuk memberikan masukan ilmu kepada pekerja lokal desanya, pekerjaan pembangunan desa dari dana desa dengan menggunakan sistem padat karya tunai juga bertujuan untuk menambah penghasilan warga dengan cara melibatkan langsung dalam pengerjaan tersebut.

“Tujuan padat karya tunai adalah untuk membantu dan menambahkan penghasilan masyarakat yang kurang mampu dan masyarakat yang menganggur berbulan-bulan,” pungkasnya. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!