DPRD KatinganKalimantan TengahKatingan

Tokoh Adat Katingan Tengah Diminta Imbau Warganya Jangan Bakar Lahan

“Mereka bisa setiap hari bertemu dengan warganya untuk menyampaikan bahaya Karhutla, termasuk dampaknya,” ucap anggota Unit III Satintelkam Bripka Dedi Irawan, S.Sos, Minggu (5/7/2020).

KASONGAN – Unit III Sosbud Satuan Intelkam Polres Katingan mengimbau melakukan silaturahmi dengan para tokoh adat sebagai langkah untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Katingan.

Seperti halnya pada silaturahminya dengan Tokoh Adat Katingan Tengah Ernes Nazaret di Desa Telok, Kecamatan Katingan Tengah, dimintanya agar bisa bekerjasama dan dapat mengurangi beban tugas Tim Satgas Karhutla, karena bagaimanapun keberadaan mereka lebih dekat dengan masyarakat.

“Mereka bisa setiap hari bertemu dengan warganya untuk menyampaikan bahaya Karhutla, termasuk dampaknya,” ucap anggota Unit III Satintelkam Bripka Dedi Irawan, S.Sos, Minggu (5/7/2020).

Kasat Intelkam Ipda Febby Dwi Handayani, S.Tr.K., mengatakan anggotanya dari Unit Sosbud sejak bulan Juni telah melakukan himbauan hingga sekarang. Dirinya meyakini jika ada kerja sama yang baik antara semua pihak dengan Tim Sagtas Karhutla, maka potensi kejadian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) selama musim kemarau tahun ini bisa diminimalisasi.

“kami meminta kerjasamanya kepada semua pihak jika mengetahui bila ada tanda-tanda kebakaran atau ada orang yang mau membakar lahan agar segera dilaporkan kepada Tim Sagtas Karhutla agar bisa segera ditangani,” pungkasnya.

Ernes Nazaret akan membantu pihak polri dalam hal mensosialisasikan bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan kepada warga dilingkungannya, sehingga kebakaran hutan dan lahan di Kab. Katingan tidak seperti tahun tahun sebelumnya yang mengakibatkan banyak kerugian yang dilihat dari berbagai aspek.

“saya sangat mendukung dan memberikan apresiasi kepada pihak Polres Katingan yang sudah melakukan deteksi dini mengahadapi musim kemarau yang sebentar lagi akan berlangsung serta mengimbau warga akan bahaya karhutla,” katanya.

(Tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *