DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Animo Masyarakat Membuat KIA Cukup Tinggi

sejak di launchingnya program kartu iden­titas anak (KIA) 19 Maret 2018 lalu, Disdukcapil Kota Palangka Raya hingga kini telah mencetak sebanyak 37.142 keping KIA.

 

Gerakkalteng.com – PALANGKA RAYA – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcap­il) Kota Palangka Raya, Afendie mengatakan, animo masyarakat masih cukup tinggi untuk mem­buat KIA sebagai identitas diri anak-anaknya.

Bahkan, sejak di launchingnya program kartu iden­titas anak (KIA) 19 Maret 2018 lalu, Disdukcapil Kota Palangka Raya hingga kini telah mencetak sebanyak 37.142 keping KIA.

“Bahkan hingga kini proses permohonan pembuatan KIA terse­but terus berjalan,” kata Afendie, selasa (25/8/2020)

Lonjakan warga yang melaku­kan pengurusan KIA tersebut terjadi pada saat penerimaan murid baru. Yakni terhitung dari Mei sampai  awal Juni 2020.

“Hingga 31 Juli 2020 lalu sudah tercetak 37.142 keping  KIA,” ungkap Afendie.

Adanya program KIA tersebut sejalan dengan peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor  02 Tahun 2016 yang me­wajibkan setiap anak di bawah 17 tahun harus memiliki KIA.

“Hal tersebut dimaksudkan untuk mempermudah dalam mendata penduduk sejak lahir sampai saatnya wajib memiliki kartu tanda penduduk elektronik (KTP-El),” jelasnya menambahkan

Untuk membuat KIA, masyara­kat bisa langsung datang ke kantor Dukcapil lalu mengisi formulir dan menyertakan lampiran untuk persyaratan. Seperti akta kelahiran anak, kartu keluarga (KK) dan pas foto 3X4 bagi anak di atas usia lima tahun.

“Kartu KIA ini hampir mirip de­ngan KTP-El, hanya saja perbedaan secara fisik kartu ini didesain me­nonjolkan warna pink. Semoga saja administrasi kependudukan di Kota Palangka Raya berjalan dengan lebih baik lagi,” pungkasnya.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *