HEADLINEKalimantan TengahPalangka Raya

Gubernur Kalteng Bersilaturahmi Dengan Anggota SLRT

Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran mendengarkan dan menyerap serta masukan dari relawan sosial SLTR Kota Palangka Raya dan sejumlah RT, dalam sigap membantu warga yang membutuhkan, di halaman Istana Isen Mulang, Selasa (4/8/2020).

Palangka Raya,Gerakkalteng.com – Dalam kondisi Covid-19 saat ini, menjadi bagian penting untuk upaya pencegahan dan antisipasi, salah satunya terus memberikan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat, mulai dari instansi pemerintah, ormas, relawan hingga sampai pada tingkatan RT, agar dapat menyampaikan dan membantu warga terhindar dari potensi Covid-19.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, bersilaturrahim dengan anggota SLRT (Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu), atau relawan sosial yang membantu masyarakat, di Kota Palangka Raya, yang bergerak fasilitator masyarakat yang membutuhkan.

Bersama Ketua PKK Provinsi Ivo Sugianto Sabran, juga dihadiri Anggota DPR-RI Dapil Kalteng Agustiar, sejumlah Kepala Dinas Provinsi, Gubernur Sugianto juga mendengarkan aspirasi dan masukan dari relawan serta sejumlah RT yang hadir dalam membantu masyarakat yang membutuhkan, serta bentuk sinergitas cepat dalam membantu masyarakat sampai kepada Dinas Sosial, Rumah Sakit dan lainya.

“Hari ini kami bersama anggota relawan atau SLTR atau relawan sosial bersilaturrahim, duduk bersama mendengarkan masukan dan aspirasi dalam membantu masyarakat. Kami salut dan apresiasi dengan kawan kawan relawan dalam melayani dan membantu masyarakat, termasuk juga dengan RT yang membantu warganya. Seperti mengantar ke rumah sakit, menyalurkan atau memfasilitasi ke Dinas Sosial, itu sangat mulia. Terimakasih kepada para relawan yang membantu warga, baik bergerak di bidang sosial, kebakaran hingga lainya,” kata Sugianto Sabran.

Gubernur yang dari kantor Pemprov, lesehan di halaman Istana Isen Mulang, Selasa (4/8/2020), sore itu, juga meminta pihak Dinas Sosial Provinsi untuk membantu tim relawan SLRT dimana sudah terbentuk di tiga wilayah dan bisa seluruh Kalteng, agar dapat sigap dalam membantu masyarakat yang membutuhkan sampai ke pedalaman.

Selain itu, meminta kepada RT memantau bantuan sosial dari Pemerintah Provinsi khususnya agar tepat sasaran serta melaporkan warganya yang membutuhkan agar dapat dibantu oleh pemerintah baik kota/kabupaten, serta Pemprov.

“Kawan kawan relawan ini yang mengetahui kondisi masyarakatnya sampai ke pedalaman, sigap dalam membantu dan melakukan fasilitator membantu masyarakat. Kami merasa terbantu, sehingga rumah sakit juga dapat sigap dan Dinas Sosial Provinsi serta daerah sigap dan cepat dalam membantu. Termasuk para RT, yang membantu warganya. Laporkan ke kami kalau bansos tidak sampai atau tidak tepat sasaran agar dapat diperbaharui cepat. RT juga berperan dalam meningkatkan sosialisasi antisipasi Covid-19 di warganya masing masing tempat,” ucap Sugianto.

Sugianto juga menerima masukan dari anggota SLTR yang rumahnya rusak serta butuh bantuan warga yang memiliki keterbelakangan mental di lingkungan wilayah Pahandut dan Panarung.

“Kami menerima masukan itu, kami akan bantu baik secara pribadi dan melakui Pemerintah. Silahkan diskusikan, saat ini ada Kepala Dinas Sosial dan Perkim, koordinasikan,” kata Gubernur Sugianto, yang mengajak Kepala Dinas mendengarkan informasi dari anggota relawan membantu warga.

Salah satu Ketua RT juga mengajukan permintaan agar ada diwilayahnya dibantu tandon air untuk mencegah covid-19 dengan cuci tangan secara teratur.

“Tandon air atau tong, nanti segera kami kirim ke tempat bapak. Kami juga terimakasih kepada seluruh relawan yang membantu warga dan rela meluangkan waktunya untuk menolong sesama meskipun ditengah kondisi covid-19 saat ini. Kami apresiasi, terimakasih,” tutup Sugianto Sabran, seraya mengakhiri kegiatan. (Sog/Hdr)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!