DPRD Kota Palangka Raya

Museum Sebagai Sarana Edukasi Wisata

anggota Komisi C DPRD palangka Raya, Anna Agustina Elsye yang mengatakan, museum tidak hanya sebagai tempat menyimpan benda-benda cagar budaya ataupun tempat mengoleksi benda bersejarah, namun bisa dijadikan salah satu opsi potensi pariwisata dan edukasi

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Pemerintah daerah diharapkan dapat memaksimalkan keberadaan museum sebagai sarana meningkatkan pengetahuan dalam bidang sejarah, khususnya budaya lokal.

Seperti yang disampaikai anggota Komisi C DPRD palangka Raya, Anna Agustina Elsye yang mengatakan, museum tidak hanya sebagai tempat menyimpan benda-benda cagar budaya ataupun tempat mengoleksi benda bersejarah, namun bisa dijadikan salah satu opsi potensi pariwisata dan edukasi yang patut dikembangkan lebih jauh.

“Manfaatnya adalah membantu program pemerintah untuk mempromosikan kebudayaan, disamping dengan cara promosi konvensional lainnya,” kata Anna,Kamis (17/9/2020).

Srikandi Partai Gerindra ini mencontohkan keberadaan Museum Balanga Palangka Raya, dimana Pemerintah Kota Palangka Raya dapat membuat inovasi dengan membuka layanan wisata ke museum, dengan begitu kunjungan masyarakat setempat ataupun yang beasal dari luar daerah semakin meningkat.

“Tidak hanya kunjungan wisatawan yang perhatikan, namun para pelajar yang mengisi waktu liburan juga bisa menikmati wisata sambil mempelajari budaya leluhur di museum tersebut,”cetusnya.

Dengan di bukanya pelayanan wisata di museum, tentu kunjungan pelajar akan semakin meningkat.Karenanya dengan mengoptimalkan fungsi museum dapat menjadi salah satu upaya mengembangkan dan mengenalkan kebudayaan lokal.

“Dengan cara tersebut akan banyak manfaat yang didapat dari fungsi museum. Maka dari itu, penting langkah ini dikembangkan oleh pemerintah,” pungkasnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *