Kalimantan TengahPulang Pisau

Sekda Kalteng Apresiasi Keberhasilan Petani Desa Gadabung

FOTO : Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri saat ikut panen raya di Desa Gadabung, Pulang Pisau, Rabu (2/9/2020).

Palangka Raya – GERAKKALTENG.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran kunjungan kerja (kunker) dalam rangka panen raya padi di Desa Gadabung, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Rabu (2/9/2020).

Begitu tiba di Desa Gadabung, Sekda Fahrizal Fitri bersama beberapa warga kemudian langsung melakukan pemanenan padi jenis hibrida dengan menggunakan mesin Combine Harvester (pemanen kombinasi, Red) yang mengombinasikan tiga operasi berbeda, yaitu menuai, merontokkan, dan menampi menjadi satu rangkaian operasi.

Usai panen raya, kegiatan dilanjutkan dengan makan siang dan kemudian menggelar pertemuan dengan warga masyarakat petani di Desa Gadabung. Pada pertemuan tersebut, Gubernur Kalteng melalui Sekda Fahrizal Fitri menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat Desa Gadabung yang telah berhasil panen raya padi.

“Kami mengucapkan terima kasih atas undangannya, sehingga kami bisa hadir bersama-sama masyarakat dalam rangka menyaksikan panen ini,” ungkapnya.

Sekda Fahrizal Fitri selanjutnya menegaskan adanya program Food Estate diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan para petani. Sekda kemudian menjelaskan bahwa program Food Estate ini akan dijalankan dengan metode pertanian modern dengan melalui berbagai intervensi, mulai dari produksi, panen, pengolahan, hingga produk siap jual. Oleh karena itu, segala sarana dan prasarana akan disiapkan untuk mendukung program Food Estate, diantaranya alat-alat pertanian, infrastruktur, perbankan dan penunjang lainnya.

“Dengan adanya program Food Estate ini adalah pertama akan memberikan kesejahteraan bagi para petani, terutama di Pulang Pisau. Salah satu yang memberikan keberhasilan atau kesejahteraan nantinya kepada masyarakat adalah adanya bantuan-bantuan seperti ini, alat-alat pertanian, (seperti) harvester combine, terus juga nanti ada traktor nanti tujuannya untuk pengolahan lahan,” beber Sekda. (SOG)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *