HeadlineKalimantan TengahKalteng BerkahNasional

Berikut Misi Menhub RI Kunjungan Kerja ke Kalteng

"Diantaranya melakukan optimalisasi dalam memastikan konektivitas akses dari lokasi asal produk industri hingga ke lokasi simpul terdekat serta menjamin kelancaran distribusi logistik pangan dan produk lokal agar dapat tersebar ke seluruh daerah di Indonesia," janjinya.

FOTO : Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi didampingi Ketua Komisi V DPR RI , Lasarus saat rapat membahas program nasional Food Estate di Kalimantan Tengah, Selasa (20/10/2020).

GERAKKALTENG.COM – Palangka Raya – Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi bersama Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Tengah, Selasa (20/10/2020).

Kedatangan Menteri Perhubungan tersebut dalam rangka peninjauan sarana dan prasarana transportasi. Budi Karya Sumadi langsung mengadakan rapat terkait Bandara dan program nasional Food Estate di ruang VIP Room Bandara Tjilik Riwut.

Peserta rapat diantaranya Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus, Plt. Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya, Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri, Unsur Forkopimda Provinsi Kalteng, Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalteng serta para tamu undangan lainnya.

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi menuturkan bahwa pihaknya berkomitmen dalam upaya pemenuhan ketahanan pangan nasional.

“Diantaranya melakukan optimalisasi dalam memastikan konektivitas akses dari lokasi asal produk industri hingga ke lokasi simpul terdekat serta menjamin kelancaran distribusi logistik pangan dan produk lokal agar dapat tersebar ke seluruh daerah di Indonesia,” janjinya.

Sedangkan pada tahun 2021, Kementerian Perhubungan bakal memprogramkan studi pengembangan transportasi udara guna mendukung kawasan Food Estate di Kalimantan Tengah.

“Adapun konsep pengembangan Food Estate di Kalteng, yakni berbasis korporasi petani, supporting sistem, proses budidaya meliputi tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan peternakan, proses hilirisasi serta distribusi logistik,” sebutnya.

Sementara itu, Plt. Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya menyampaikan siap untuk mendukung Lumbung Pangan Nasional (Food Estate) di Provinsi Kalteng yang direncanakan untuk Tahun 2020 di Kabupaten Pulang Pisau 10.000 hektare dan Kabupaten Kapuas 20.000 hektare.

“Food estate merupakan program ke depan oleh pemerintah untuk memperkuat cadangan pangan Nasional, bukan hanya di hulu tetapi juga bergerak di hilir produk pangan industri,” jelasnya. (AGA)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *