DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Momen Liburan, Mampu Maksimalkan PAD Sektor Pariwisata

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM – Selama ini Pemerintah Kota Palangka Raya terus berupaya meningkatkan sektor pariwisata agara mampu menjadi Pedapatan Asli Daerah (PAD). Melihat upaya tersebut kalangan DPRD mendukung dan mengharapakan momen tertentu mampu dimanfaatkan secara maksimal.

Sekretaris Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Alfian Batnakanti mengatakan seharusnya pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata dapat tergali dengan maksimal. Terutama saat libur panjang yang biasanya dimanfaatkan kebanyakan orang untuk berlibur bersama keluarga.

“Untuk mencapai hal yang diinginkan ini tentunya harus ada upaya berarti dari pemerintah untuk mencegah kebocoran PAD, terutama dari sektor pariwisata. Kita tentu tidak mengharapkan terjadi kebocoran PAD dari sektor pariwisata. Mengingat potensi untuk PAD memang ada dan bisa dikelola secara maksimal dari sektor pariwisata harusnya ini bisa dimanfaatkan, khususnya saat libur panjang. Kita lihat objek wisata dermaga Kereng Bangkirai itu penuh pengunjung, harusnya PAD kita meningkat,” kata Alfian, Selasa (31/7/2018).

Menurut Politisi Gerindra ini memang sebagian obyek wisata ada yang telah dikelola sebagai sumber PAD oleh Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, seperti halnya obyek wisata Pelabuhan Kereng Bangkirai, Sei Gohong dan Flamboyan Bawah.

“Namun ada juga objek wisata di tempat lain, misalkan Taman Alam Bukit Tangkiling dan Arboretum yang masih belum jelas kewenangannya siapa, sementara objek wisata tersebut bisa menjadi sumber PAD kota,” tuturnya.

Mengacu hal tersebut, Pemko menurut Alfian harus segera menindaklanjuti serta mengkoordinasikan bagaimana bentuk pengelolaannya agar sumber PAD sektor wisata dapat tergali dengan maksimal.

“Ya, maka dari itu, dinas pariwisata harus berkoordinasi dengan pihak camat dan lurah ataupun pihak ketiga bagaimana mengenai pengelolaanya. Dengan penekanan kontribusi bagi PAD wajib ada sehingga tidak ada kerugian di kemudian hari,” tutupnya. VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!