Barito TimurDPRD Barito TimurHEADLINE

Desa Tampu Langit Susun Aturan tentang Kepariwisataan

"Ini bisa dijalankan sebagai payung hukum yang mengatur segala jenis kegiatan usaha di bidang kepariwisataan," ucap Forty Rickyannou, Selasa (22/12/2020).

gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Pemerintah Desa Tampu Langit, Kecamatan Paju Epat menggelar  musyawarah desa dalam rangka pembahasan draft peraturan desa terkait kepariwisataan yang akan dikembangkan tahun 2021, Selasa (22/12/2020).

Plt. Kepala Disbudparpora Kabupaten Barito Timur, Forty Rickyannou pada acara itu mengatakan bahwa mari bersama-sama dengan BPD dan juga pelaku usaha mengelaborasi Raperdes tersebut, sehingga nantinya ada hasil kesepakatan bersama.

“Ini bisa dijalankan sebagai payung hukum yang mengatur segala jenis kegiatan usaha di bidang kepariwisataan,” ucap Forty Rickyannou, Selasa (22/12/2020).

Dirinya menyampaikan, ada beberapa poin yang sangat penting baik itu secara umum maupun teknis, lanjut dijelaskannya, sebagai pengantar pokok pikiran dan pandangan bersama dalam mengawali musyawarah desa terkait Raperdes.

“Saya lihat ada banyak sekali masukan dan kendala di lapangan khususnya di wilayah perairan desa Tampu Langit,” katanya.

Oleh karena itu, selain informasi riil dan pola kesepakatan lisan yang telah dilaksanakan para pelaku usaha transportasi air selama ini, ada salah satu yang menjadi sorotan yaitu ancaman kerusakan ekosistem perairan yang diakibatkan eksploitasi ikan menggunakan alat tangkap ilegal sehingga sangat merugikan sekali masyarakat.

“Dirinya menginginkan, tidak satupun masyarakat desa Tampu Langit maupun masyarakat luar yang menggunakan alat tangkap ilegal,” pintanya.

Plt. Kepala Disbudparpora Kabupaten Barito Timur Forty Rickyannou mengajak seluruh perangkat desa Tampu Langit berserta masyarakat agar bisa menjaga dan mengawasi wilayah perairan.

“Kita berharap agar bisa memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pemancing daerah maupun luar daerah. Serta menjaga kesinambungan habitat ikan di wilayah perairan desa Tampu Langit,” pintanya. (sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *