Katingan

Camat Kamipang Usul Pembentukan Bumdes Bersama

Hal ini disampaikan Camat Kamipang, Ade Irwan di hadapan para kepala desa, BPD serta TP PKK se kecamatan di aula Kecamatan Kamipang, Jum’at (29/1/2021).

Kasongan –  Camat Kamipang, Kabupaten Katingan, Ade Irwan mengusulkan adanya badan usaha milil desa atau Bumdes bersama.

Hal ini disampaikan Camat Kamipang, Ade Irwan di hadapan para kepala desa, BPD serta TP PKK se kecamatan di aula Kecamatan Kamipang, Jum’at (29/1/2021).

Menurutnya selama ini Bumdes di desa di wilayah Kecamatan Kamipang dinilai belum begitu berjalan sesuai yang diharapkan.

Pasalnya, ada beberapa hal kendala dihadapi, baik manajeman maupun kendala lain, sehingga Bumdes yang diharapakan menjadi penghasil  pendapatan asli daerah atau PAD setiap desa tidak berjalan.

Selain itu dengan adanya Bumdes bersama ini diharapkan menjadi tempat warga untuk promosi baik hasil produksi setiap desa ataupun  sebagai ajang promosi potensi destinasi wisata desa.

Hal ini agar nantinya desa memiliki penghasilan dan mendongkrak PAD desa untuk membiayai pembangunan desa itu sendiri.

Menurutnya adanya dana desa yang dikucurkan pemerintah sejauh ini dimungkinkan tidak selamanya.

Sehingga ketika dana desa dihentikan penyalurannya dari pusat maka desa sudah mempunyai penghasilan asli  desa. Pebghasilan itu dapat membiaya pembangunan desa meski skala kecil.

Dia mengatakan hampir seluruh pengurus Bumdes dan kepala desa sepakat terkait rencana pembentukan Bumdes bersama ini dengan harapan pengelolaannya secara transparan dan professional.

(tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!