DPRD Kotawaringin Timur

Pemkab Kotim Harus Tingkatkan PAD

"Potensi untuk peningkatan PAD sangat besar dengan demikian bisa membantu anggaran daerah untuk kepentingan pem­bangunan yang kita ketahui me­merlukan anggaran yang sangat besar," ungkap Riskon.

gerakkalteng.com – SAMPIT – Pendapatan asli daerah (PAD) merupakan salah satu sumber pendapatan bagi daerah untuk menopang keuangan daerah.

Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Kotawaringin Timur, Riskon Fabiansyah meminta Pemkab setempat untuk terus menggenjot peningkatan PAD di daerah ini.

“Potensi untuk peningkatan PAD sangat besar dengan demikian bisa membantu anggaran daerah untuk kepentingan pem­bangunan yang kita ketahui me­merlukan anggaran yang sangat besar,” ungkap Riskon.

Disebutkannya, salah satu yang bisa dioptimalkan adalah, dari pajak kendaraan bermotor dan angkutan perusahaan perkebunan.

“Perlu ada inovasi dalam rangka menggali PAD, pajak kendaraan bermotor masih sangat memberikan peluang besar untuk dimaksimalkan jika memang aturan wajib KH itu,” ujarnya.

Ia mengatakan, jangan sampai jalan di daerah ini rusak tetapi sektor pajaknya keluar daerah. Maka dari itu langkah ini harus dilakukan bersama Samsat untuk penarikan retribusi pajak kendaraan di 17 kecamatan yang ada. Sehingga bisa meningkatkan dana bagi hasil dari pemerintah provinsi melalui pembayaran pajak kendaraan bermotor.

“Banyaknya kendaraan angku­tan yang bernomor luar Kalteng itu sebenarnya jadi perhatian karena seharusnya mereka bayar pajak untuk Kalteng karena mereka berusaha disini,” tukasnya.

Riskon menyarankan, salah satu sektor yang bisa dioptimalkan untuk meningkatkan PAD adalah Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di lahan perusahaan perke­bunan kelapa sawit. (sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *