DPRD Kotawaringin Timur

Serap Aspirasi Masyarakat Melalui Musrenbang

"Kalau kita di DPRD ada ke­giatan berupa reses, dan outpunnya sama dengan musrenbang yakni pembangunan. Tetapi kami turut hadir dalam kegiatan musrenbang, untuk langsung ikut menyaksikan topik dan pembahasannya,” ujar Parimus.

gerakkalteng.com – SAMPIT – Kegiatan Musy­awarah Perencanaan Pemba­ngunan (Musrenbang) tingkat kecamatan sudah mulai berjalan.

Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Kotawar­ingin Timur (Kotim) Parimus, menyebut kegiatan tahunan yang digelar pemerintah tersebut, merupakan salah satu pintu masuk untuk menyerap aspirasi masyarakat untuk kepentingan pembangunan.

“Kalau kita di DPRD ada ke­giatan berupa reses, dan outpunnya sama dengan musrenbang yakni pembangunan. Tetapi kami turut hadir dalam kegiatan musrenbang, untuk langsung ikut menyaksikan topik dan pembahasannya,” ujar Parimus.

Disebutkan wakil rakyat dari dapil IV tersebut, musrenbang merupakan agenda tahunan penting untuk mengompilasikan seluruh usulan masyarakat. Sehingga menjadi sebuah rencana yang akan dibawa dalam forum pembahasan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

RKPD ini nantinya akan jadi acuan dalam dalam penyusunan KUA PPAS yang juga bagian dari Rencana Kerja Anggaran (RKA) Tahun 2022 mendatang.

Dan hasil musrenbang itu akan disinkronisasikan dengan hasil reses DPRD untuk menjadi sebuah program yang berkesinam­bungan.

Namun, jika reses DPRD biasanya akan dituangkan dalam program pokok pikiran dewan yang dijadikan sebagai wadah untuk menuangkan hasil program dan aspirasi. Dan nantinya akan dijabarkan lebih jauh melalui perda APBD. (sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *