Kalimantan Tengah

Rumkit Kelas B Operasional Akhir Tahun 2023

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran meninjau progres pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prov. Kalteng, di Desa Pembuang Hulu I, Kecamatan Hanau, Kabupaten Seruyan, Jumat (14/4/2023).

Sugianto mengatakan, Pembangunan Kalteng terus menunjukkan peningkatan dengan didirikannya Rumah Sakit kelas B di Desa Pembuang Hulu, Seruyan, sehingga masyarakat Kalteng tidak perlu lagi berobat keluar daerah.

“Kita membangun Rumah Sakit sama dengan yang ada di Pulau Jawa dan provinsi lainnya supaya masyarakat tidak lagi berobat keluar daerah. Cukup di Kalimantan Tengah, dengan SDM yang memadai, dengan peralatan-peralatan yang sama dengan provinsi lain, bahkan dengan negara lain,” ucap Sugianto.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Prov. Kalteng, H. Shalahuddin menyampaikan bahwa saat ini Rumah Sakit provinsi di Hanau progres pembangunan sudah mencapai 24,9 persen. Dijelaskannya, luasan secara keseluruhan Rumah Sakit ini mencapai 32.184 m², untuk IGD 4.500 m², gedung penunjang 11.500 m² dan gedung utama 16.000 m².

“Di tahun 2023 Desember ini, rumah sakit ini sudah bisa beroperasionalisai, tentu secara keseluruhan rumah sakit ini memiliki 265 tempat tidur, namun sampai dengan Desember 2023 mendatang sementara hanya 100 tempat tidur,” ujar Shalahuddin.

Dia menjelaskan, bangunan rumah sakit yang direncanakan memiliki 265 tempat tidur pasien itu akan dilengkapi fasilitas seperti ruang rawat inap, ruang isolasi, ruang bedah, ruang persalinan, poliklinik, ruang radiologi, laboratorium medik, ruang rekam medik, fasilitas hemodialisis, dan kantor.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan, Suyuti Syamsul menuturkan pembangunan rumah sakit kelas B di Desa Pembuang Hulu adalah upaya pemerintah untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat di wilayah Barat.

“Bapak Gubernur sangat berkomitmen dan mengharapkan semuanya berjalan sesuai waktu yang direncanakan termasuk tidak hanya rumah sakitnya tetapi juga peralatan serta sumber daya manusia dan sarana-sarana pendukung,” pungkasnya. (d0n/mmc/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!