Barito Timur

Pemda Memberikan Pelayanan Terbaik Buat Masyarakat Barito Timur

Foto : Pj Bupati Barito Timur, Indra Gunawan.

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Pemerintah Kabupaten Barito Timur terus berusaha memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Salah satunya dengan menyelenggarakan pelayanan terpadu yang disebut One Day Service.

“Pada hari ini kita melaksanakan kegiatan pelayanan kepada masyarakat yang disebut One Day Service. One Day Service itu melaksanakan pelayanan kepada masyarakat di Pasar Temenggung Djayakarti, agar lebih dekat,” terang penjabat Bupati Barito Timur Indra Gunawan kepada sejumlah wartawan saat meninjau kegiatan One Day Service, di Pasar Temenggung Djayakarti.

Lebih jauh, Orang Nomor Satu di Bartim ini menjelaskan, saat ini pelayanan di kantor masing-masing OPD masih tetap dilaksanakan. “One Day Service, ini sebenarnya embrio untuk pelayanan yang lengkap. Nanti kita bangun di satu tempat Mall Pelayanan Publik yang lengkap,” jelas Pj.Bupati.

Pj. Bupati Indra Gunawan saat meninjau kegiatan one day service Rabu (20/12/2023) di Pasar Temenggung Djayakarti.
Alumni Pascasarjana Universitas Gajahmada ini mengatakan pelayanan yang diselenggarakan dalam One Day Service ini adalah pelayanan Nomor Induk Berusaha (NIB), Pelayanan Administrasi Kependudukan (Aminduk), pelayanan pajak PBB dan Reklame, Pelayanan Kartu Cari Kerja dan Pendaftaran SIINas, pelayanan pendaftaran e-katalog lokal, pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor, pelayanan pembuatan NPWP dan pelayanan pembayaran onilne Bank Kalteng.

Organisasi Perangat Daerah yang terlibat dalam One Day Service, terang Indra Gunawan yaitu DPM-PTSP melayani Nomor Induk Berusaha, Disdukcapil memberikan pelayanan Administrasi Kependudukan (Aminduk) seperti rekam KTP elektornik, IKD, Akta Kelahiran dll. Dinas Pendapatan Daerah melayani pajak PBB dan reklame, Disnakertrans melayani Kartu Cari Kerja dan Pendaftaran SIINas, PPBJ Barito Timur dan Dinas Perdagangan dan UMKM melayani pendaftaran e-katalog lokal, Samsat Tamiang Layang melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor, KP2KP Tamiang Layang melayani pembuatan NPWP dan pelayanan pembayaran onilne oleh Bank Kalteng.

Selain pelayanan-pelayanan tersebut, terang Pj.Bupati Bartim di tempat yang sama juga dilaksanakan pasar penyimbang oleh Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM bekerja sama dengan Bulog Cabang Buntok. Salah satu produk yang dijual adalah beras. Pj.Bupati berharap, harga beras yang dijual lebih murah dari harga pasar.

Masyarakat yang berkunjung kepasar memanfaatkan kegiatan one day service di Pasar Temenggung Djayakarti.

Melalui kesempatan itu, Pj.Bupati Bartim beraharp momen pelayanan dan pasar penyimbang ini dimanfaatkan seluas-luasnya oleh masyarakat Kabupaten Barito Timur. “Dan kalau ada yang minta perlu dilaksanakan selama dua hari kita akan laksanakan,” tegas Pj.Bupati Bartim.

Kata Pj.Bupati One Day Service ini tidak hanya dilaksanakan di Tamiang Layang saja, namun juga akan dilaksanakan di Pasar Ampah pada bulan Januari 2024 mendatang.

Kemudian untuk pelaksanaan Mall Pelayanan Publik akan segera dibentuk surat keputusannya dan akan melibatkan instansi vertikal dan pusat.(ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!