DPRD Kota Palangka RayaHEADLINEPalangka Raya

Asdeksi, Dorong Peran Sekwan dalam Pencegahan Korupsi

FOTO : Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin Raker Saat menghadiri Asdeksi regional Kalimantan.

PALANGKA RAYA – GERAKKALTENG. COM — Sekretariat DPRD Palangka Raya dipercaya sebagai tuan rumah rapat kerja (raker) pengurus Asosiasi Sekretaris DPRD Seluruh Indonesia (Asdeksi) regional Kalimantan tahun 2021 yang digelar 29 Maret hingga 1 Aprii.

Adapun pembukaan raker yang digelar Selasa (30/3/2021), di ruang sidang paripurna DPRD Palangka Raya tersebut, terliihat mengedepankan protokol kesehatan yang ketat.

Sementara dalam laporannya pada pembukaan raker itu, Ketua Panitia sekaligus Sekretaris DPRD Palangka Raya, Sitti Masmah menyampaikan, raker Asdeksi memiliki tujuan meningkatkan konsolidasi, memberikan informasi, serta komitmen mewujudkan kualitas layanan mengingat peran Sekretariat Dewan (Setwan) sebagai aparat birokrasi dalam ranah politik.

“Perlu bagi kami untuk membekali diri dengan kompetensi yang handal, demi memberikan layanan maksimal serta mendukung pemenuhan tugas pokok dan fungsi DPRD,”ungkapnya.

Disampaikan, raker tersebut. diikuti oleh 87 orang peserta yang berasal dari 4 provinsi di Kalimantan yakni Provinsi Kalteng sebanyak 44 orang, Provinsi Kalsel sebanyak 28 orang, Provinsi Kalbar sebanyak 7 orang dan Provinsi Kaltim sebanyak 8 orang. Sedangkan pihak perwakilan dari Provinsi Kaltara dikatakannya tidak dapat hadir.

Dalam kesempatan yang sana Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto mengatakan menyambut baik terlaksananya raker Asdeksi tersebut.

“Saya apresiasi tema yang diangkat dalam raker ini yakni pencegahan tindak pidana korupsi. Ini bahandiskusi yang sangat menarik guna mewujudkan good government yang baik dilingkungan kerja,”ujarnya

Terlebih kata dia, di tengah banyaknya kasus pidana korupsi yang menjerat pejabat pemerintahan dan DPRD di tanah air, maka upaya preventif wajib dilakukan dengan menambahkan pemahaman wewenang institusi dan tindakan yang bertentangan dengan aturan pemberantasan tindak korupsi.

“Bagaimanapun juga lembaga Setwan harus menguasai fungsi pengelolaan keuangan DPRD yang memiliki asas yang berintegritas, transparan, akuntabel, dan nihil tindak korupsi,”tegas politikus PDI Perjuangan ini.

Raker Asdeksi itu sendiri dibuka langsung oleh Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin. Sementara dalam pelaksanaan raker menghadirkan sejumlah pembicara seperti Brigjen Pol Bahtiar Ujang Purnama selaku Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah III KPK RI dan Udin Zaharudin selaku Koordinator Wilayah Kalsel, Jateng dan DIY.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!