Katingan

Pada 1 April 2021, 9 Kecamatan di Katingan Apel Siaga Karhutla

Pasalnya, 9 kecamatan itu sejauh ini dinilai rawan terjadinya Karhutla. "Apel siaga Karhutla itu mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla tahun 2021 ini, " sebutnya.

Kasongan – Sebanyak 9 wilayah kecamatan di Kabupaten Katingan pada, (1/4/2021), akan serentak menggelar apel siaga kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Roby, senin (29/3/2021) menuturkan ini sejauh ini ada 13 wilayah kecamatan, namun hanya 9 kecamatan yang bakal mengikuti apel gelar Karhutla.

Pasalnya, 9 kecamatan itu sejauh ini dinilai rawan terjadinya Karhutla. “Apel siaga Karhutla itu mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla tahun 2021 ini, ” sebutnya.

Berdasarkan prakiraan pihak BMKG Provinsi Kalimantan Tengah bahwa musim kemarau tahun ini diperkirakan terjadi Minggu keempat Mei 2021 hingga September 2021.

Sejauh ini sebagian wilayah di Katingan bergambut mulai dari tipis hingga tebal atau dalam. Selain menggelar apel siaga Karhutla, 9 wilayah kecamatan juga bakal membentuk posko Karhutla di desa.

Ia juga menuturkan Februari 2021 ada 9 titik api atau panas di sejumlah kecamatan di Katingan. Penyebabnya karena faktor elnino sehingga terjadi cuaca panas dan curah hujan turun. Akibatnya terpantau sejumlah titik panas dari beberapa wilayah kecamatan.

“Jadi kemarin itu banyak yang mengira kalau musim kemarau sudah tiba, padahal itu faktor elnino yang jarang hujan, namun sekarang justru curah hujan tinggi,” imbuhnya.

(tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!