DPRD Gunung MasGunung Mas

DPRD Gumas Sambut Baik Panen Perdana Kelompok Tani

”Kami ingin panen telur ayam ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat di desa lainnya, sehingga mereka termotivasi untuk memulai budidaya ayam petelur,” ucap Anggota DPRD Kabupaten Gumas Untung Jaya Bangas, Selasa (13/4/2021) sore.

GERAKKALTENG.com – KUALA KURUN – Kelompok Ternak Kambungan Habaon Hapakat yang ada di Desa Tumbang Habaon, Kecamatan Tewah, Kabupaten Gunung Mas (Gumas), melakukan panen telur ayam. Hal ini pun disambut baik oleh kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat.

”Kami ingin panen telur ayam ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat di desa lainnya, sehingga mereka termotivasi untuk memulai budidaya ayam petelur,” ucap Anggota DPRD Kabupaten Gumas Untung Jaya Bangas, Selasa (13/4/2021) sore.

Politikus Partai Demokrat ini meminta kepada seluruh masyarakat desa untuk memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki. Bukan hanya di bidang peternakan ayam petelur saja, akan tetapi juga di peternakan ayam kampung, babi, sapi, dan kambing.

”Seluruh bidang usaha peternakan dapat digeluti, selama itu bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat kita,” ujarnya.

Dia juga berpesan kepada kelompok budidaya ayam petelur, agar harus lebih memperhatikan tata cara dalam budidaya, sehingga berdampak positif pada hasil produksi yang lebih baik. Bahkan kalau bisa membuat suatu inovasi dalam membuat pakan ternak.

”Saya melihat untuk pakan ternak, masih didatangkan dari luar daerah dengan harga yang cukup mahal. Lebih baik apabila membuat inovasi membuat pakan ternak sendiri, sehingga nanti akan dapat mengurangi pengeluaran atau biaya operasional dari budidaya ayam petelur ini,” tuturnya.

Dia pun berharap kepada Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) terkait, agar rutin memberikan edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat yang ada di desa, terkait proses dan tata cara budidaya peternakan.

”Dengan upaya tersebut, maka kami yakin masyarakat pastinya akan tertarik untuk menggeluti usaha peternakan,” kata Legislator dari daerah pemilihan (dapil) III mencakup Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara, Damang Batu, dan Miri Manasa ini. (yog/sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!