Kalimantan TengahPalangka Raya

Dr. Fernando Lulus dengan Predikat Cumlaude

dalam Berita Acara Sidang Promosi Doktor bahwa Promovendus Dr. Fernando layak menyandang gelar Doktor Ilmu Lingkungan dengan Indek Predikat Kumulatif (IPK) 4,00 Predikat Sangat Memuaskan atau Cumlaude, dengan masa studi Sembilan Semester Tiga Bulan atau 4 Tahun 3 Bulan.

FOTO : Sidang Promosi Doktor Ilmu Lingkungan Dr. Fernando yang dilaksanakan secara daring, Rabu (7/4/2021).

GERAKKALTENG.com  – PALANGKA RAYA – Untuk ke 8 (kedelapan) kalinya Program Pascasarjana Universitas Palangka Raya (PPS-UPR) menggelar Sidang Promosi Doktor untuk mahasiswa Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan PPS-UPR. Kegiatan hanya dilaksanakan secara online atau dalam jaringan (daring) Zoom Meeting, Rabu (7/4/2021) pagi.

Adapun mahasiswa yang menjalani Sidang Promosi Doktor kali ini, adalah Promovendus Dr. Fernando yang merupakan lulusan kedelapan Doktor Ilmu Lingkungan mahasiswa angkatan tahun 2016, dengan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) CFA 316 011.

Untuk Judul Disertasi yang dipertahankan dan dipresentasikan oleh Promovendus Dr. Fernando pada Sidang Promosi Doktor, adalah ‘Fluktuatif Pelepasan Karbondioksida Tumbuhan Obat Tradisional di Kota Palangka Raya’.

Selain itu dalam Sidang Promosi Doktor kali ini, Tim Penguji yang telah ditetapkan, diantaranya adalah Ketua Komisi Sidang Dr. Andrie Elia, SE., M.Si yang juga selaku Rektor UPR, Sekretaris Sidang selaku Promotor Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP., yang juga menjabat Direktur PPS-UPR.

Kemudian, Fengky F. Adji, SP., MP., Ph.D., selaku Co-Promotor I, Dr. Reinhart Jemi, S.Hut., MP., selaku Co-Promotor II, Dr. Muhammad Anang Firmansyah, SP., M.Si., selaku Penguji Luar Komisi I, Dr. Ir. Nyahu Rumbang, MP., selaku Penguji Luar Komisi II, dan Dr. Herianto, MP., Selaku Penguji Luar Komisi III.

Serta, adapula Penguji Luar Perguruan Tinggi yakni Prof. Dr. Nurmayulis, MP., yang juga selaku Dekan Fakultas Pertanian (Faperta) sekaligus Dosen Program Pascasarjana Universitas Sultan Agung Tirtayasa.

Rangkaian kegiatan Sidang Promosi Doktor, diisi dengan paparan Disertasi oleh Promovendus Dr. Fernando yang diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil penelitiannya, di hadapan para Tim Penguji yang dilakukan secara daring.

Setelah mempresentasikan hasil Disertasinya, kemudian dilanjutkan dengan sejumlah pertanyaan yang dilontarkan oleh seluruh Tim Penguji Sidang Promosi Doktor.

Dimana, berdasarkan proses dan hasil penilaian oleh Tim Penguji, maka akhirnya diputuskan dalam Berita Acara Sidang Promosi Doktor bahwa Promovendus Dr. Fernando layak menyandang gelar Doktor Ilmu Lingkungan dengan Indek Predikat Kumulatif (IPK) 4,00 Predikat Sangat Memuaskan atau Cumlaude, dengan masa studi Sembilan Semester Tiga Bulan atau 4 Tahun 3 Bulan.

Seusai rangkaian Sidang Promosi Doktor, dalam sambutannya, Ketua Sidang Promosi Doktor Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP., menyampaikan ucapan selamat kepada Promovendus Dr. Fernando, karena telah berhasil menuntaskan pendidikan dan berhasil melalui seluruh tahapan yang memang harus dijalani oleh seorang kandidat doktor.

“Keberhasilan yang diraih Promovendus Dr. Fernando ini sekaligus pula menjadi suatu kebanggaan kita bersama, khususnya untuk Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan PPS-UPR, karena terhitung sampai sekarang ini kita telah berhasil mencetak Doktor Ilmu Lingkungan yang kedelapan,” ucapnya.

Guru Besar yang kerap menjadi inspirator bagi kalangan civitas akademika PPS-UPR ini juga berpesan, agar ilmu yang sudah didapat bisa terus dikembangkan. Sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat, khususnya dalam mendorong pembangunan di Kalimantan Tengah.

Tidak lupa, Guru Besar penuh terobosan ini juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Tim Penguji, baik itu Kepada Ketua Sidang Promosi, Tim Promotor, Penguji Luar Komisi dan Penguji dari Luar Perguruan Tinggi yang sudah meluangkan waktunya, sehingga kegiatan Sidang Promosi Doktor dapat berjalan sebagaimana diharapkan.

Disisi lain, Promovendus Dr. Fernando menyampaikan ucapan terima kasih, terutama kepada Rektor UPR bapak Dr. Andrie Elia, SE., M.Si beserta jajaran, Direktur PPS-UPR ibu Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP., beserta jajaran, Ketua Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan PPS-UPR Prof. Dr. Ir. Bambang S. Laut, MS., dan para dosen, sekretariat tata usaha, Tim Promotor dan kawan seangkatan dan seluruh mahasiswa Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan PPS-UPR.

“Terlebih kepada Istri, Anak dan Keluarga, kepada orang tua dan rekan-rekan kerja, serta seluruh pihak yang sudah memberikan dukungan kepada saya, sehingga saya pun akhirnya bisa menyelesaikan pendidikan ini,” ungkapnya dengan rasa haru.

Dirinya juga mengatakan bahwa keberhasilan yang diraih ini, membawa rasa haru dan bangga, semoga dengan ilmu yang berhasil didapat ini akan bermanfaat bagi masyarakat, dan dapat berguna untuk mendorong kemajuan daerah.

Sekali lagi, Ia menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu. (YS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *