DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

Pemkab dan KPP Pratama Sampit Jalin Kerja Sama

"Kami Pemerintah Kabupaten tentunya sangat mendukung tekad bersama KPP Pratama Sampit untuk menggali potensi pajak yang ada di daerah ini, dan daerah kita juga mendapat dana bagi hasil dari pajak tersebut," ujar Bupati Kabupaten Kotim H Halikinnor, Rabu (21/4/2021).

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sampit. Keduanya sepakat untuk bersama-sama melakukan upaya dalam rangka meningkatkan pemungutan pajak di daerah ini.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula KPP Pratama Sampit dengan mengikuti Pencangan secara serentak oleh pemerintah pusat melalui video konferensi. Turut hadir pada acara itu Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kalimantan Selatan dan Tengah Tarmizi, didampingi Kepala KPP Pratama Sampit Hasan Basri. Dalam kesempatan itu juga hadir Bupati Kabupaten Kotim H Halikinnor dan Bupati Katingan Sakariyas untuk mengikuti kegiatan tersebut.

“Kami Pemerintah Kabupaten tentunya sangat mendukung tekad bersama KPP Pratama Sampit untuk menggali potensi pajak yang ada di daerah ini, dan daerah kita juga mendapat dana bagi hasil dari pajak tersebut,” ujar Bupati Kabupaten Kotim H Halikinnor, Rabu (21/4/2021).

Halikinnor mengatakan, penandatanganan perjanjian kerja sama untuk optimalisasi pemungutan pajak dan pajak daerah antara Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) dan Pemerintah Kabupaten Kotim.

“Saya menilai kerja sama ini sangat penting sebagai upaya bersama mendorong peningkatan pemungutan pajak pusat dan daerah, maka sinergitas ini harus diperkuat agar pemungutan pajak lebih optimal lagi,” ujarnya.

Halikin juga mengatakan Pemerintah Kabupaten Kotim sangat mendukung karena hasil dari pemungutan pajak juga akan turut dinikmati daerah melalui dana bagi hasil, dan manfaatnya juga sangat besar untuk turut membiayai pembangunan daerah ini.

“Sampai saat ini, kucuran anggaran pemerintah pusat masih menjadi andalan Kabupaten Kotim, karena pendapatan asli daerah kota masih terbatas. Untuk itulah pemerintah daerah terus meningkatkan sinergitas dalam peningkatan pemungutan pajak pusat maupu pajak daerah,” terangnya.

Dirinya juga berharap dengan kerja sama ini pendapatan daerah melalui sektor pajak  akan terus meningkat sehingga bisa berkontribusi besar dalam membiayai pembangunan di Kabupaten Kotim ini. (sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *