DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

Perkuat Pendidikan Karakter Selama Ramadan

"Pendidikan karakter, terutama ilmu agama sangat penting diberikan di bulan suci Ramadan ini, terutama terhadap para anak didik," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kotim Suparmadi, Kamis (15/4/2021).

SAMPIT – Sekolah di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), diminta agar mengoptimalkan momen bulan suci Ramadan ini untuk memperkuat pendidikan karakter para peserta didik. Terutama terkait pendidikan agama Islam.

“Pendidikan karakter, terutama ilmu agama sangat penting diberikan di bulan suci Ramadan ini, terutama terhadap para anak didik,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kotim Suparmadi, Kamis (15/4/2021).

Suparmadi menyatakan pendidikan karakter perlu diperkuat agar karakter anak juga bisa dibentuk dengan baik. Selaku orang dewasa baik guru ataupun orang tua tidak selamanya bisa langsung mengawasi tingkah laku anak-anak sehingga perlu dilakukan pencegahan.

Dirinya memberikan amanah terhadap seluruh satuan pendidikan untuk memperkuat ilmu agama anak-anak. Tugas terhadap peserta didik harus diberikan masing-masing guru, agar para murid bisa mendalami materi selama libur Ramadan.

“Tugas atau pendidikan lainnya tersebut bisa dikumpul nantinya saat masuk sekolah. Dan berikan nilai kepada siswa atas hasil kerja keras mereka,” kata Suparmadi.

Selain itu, dirinya juga berharap kepada orangtua siswa di rumah dapat membimbing dan mendidik anaknya untuk selaku menjalankan perintah yang maha kuasa. Satu-satunya pilihan yang saat ini bisa dilakukan oleh orang tua, menurut ia adalah tetap sabar dan berusaha menerapkan pendidikan karakter pada anak semaksimal mungkin saat anak 100 persen belajar di rumah.

“Peran orang tua sangat penting. Materi pelajaran yang disampaikan dalam kegiatan belajar mengajar terbatas. Orang tua yang kini bisa lebih banyak mengarahkan anak untuk belajar harus menjalankan tugas untuk membangun karakter anak,” ucapnya.

Jadikan momen libur Ramadan untuk berkumpul dengan anak, dan mengawasi anak-anak agar tidak terlibat dalam kenakalan remaja, balap liar, dan hal lainnya yang berdampak negatif. (sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *