DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

Dinkes Siap Bantu Perusahaan Sediakan Vaksinator

"Kalau ada pihak perusahaan yang meminta bantuan tenaga kesehatan sebagi tenaga vaksinator, kami akan bantu,” kata Plt Kepala Dinkes Kotim, Umar Kaderi saat dihubungi, Rabu (26/5/2021).

SAMPIT – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotawaringin Timur (Kotim) siap membantu terkait pelaksanaan vaksinasi gotong royong yang dilakukan pihak perusahaan kepada karyawaannya. Bantuan tenaga vaksinator dari tenaga kesehatan itu dilakukan guna percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kotim.

“Kalau ada pihak perusahaan yang meminta bantuan tenaga kesehatan sebagi tenaga vaksinator, kami akan bantu,” kata Plt Kepala Dinkes Kotim, Umar Kaderi saat dihubungi, Rabu (26/5/2021).

Dia menerangkan, vaksin gotong royong yakni vaksin yang disiapkan oleh pihak perusahaan atau pelaku usaha, untuk memberikan vaksin kepada karyawan. “Kegiatan vaksin gotong royong dilakukan secara mandiri oleh pihak perusahaan. Sedangkan vaksin yang diperuntukan untuk pelayanan publik dan lansia itu dari pemerintah yang diberikan secara gratis kepada masyarakat,” terang Umar.

Mantan Direktur Akper Pemkab Kotim itu menambahkan, sejauh ini pihaknya belum menerima laporan terkait masuknya vaksin gotong royong ke Kotim. Kendati demikian, jika memang perusahaan ingin melaksanakan pelayanan vaksinasi gotong-royong silahkan mengajukan ke Dinkes Kotim,.

“Saat ini memang belum ada. Karena kita juga belum menetapkan Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) mana yang diperkenankan sebagai tempat vaksin gotong royong bagi karyawan perusahaan,” tandasnya.

Umar mengaku, sekarang ini pihaknya masih fokus pada pelaksanaan vaksin terhadap masyarakat lanjut usia dan pelayanan publik. Dengan harapan, bisa segera selesai, sesuai ketersediaan vaksin.

Dia berharap, masyarakat Kotim tetap mematuhi protokol kesehatan dan menjadikannya sebagai kebiasaan saat hendak beraktivitas ke luar rumah, meskipun kasus aktif atau positif Covid-19 mengalami penurunan.

“Dalam beberapa hari terakhir ini, penurunan kasus aktif Covid-19 sudah mulai terjadi, mudah-mudahan nantinya Kotim bisa menjadi zona hijau Covid-19,” katanya. (sog/agg)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *