Kalteng Berkah

Pemerintah Luncurkan Program Indonesia Makin Cakap Digital dan Kelas Literasi Digital

Opening Peluncuran program Literasi Digital kali ini digelar secara Nasional, dibuka secara virtual oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo dari Istana Negara. Kegiatan ini digelar serentak di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota se-Indonesia. Program Literasi Digital mengusung tema “Digital Marketing Untuk UMKM”.

GERAKKALTENG.com – Palangka Raya – Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (DiskominfoSantik) Provinsi Kalimantan Tengah, Agus Siswadi mengatakan bahwa era revolusi industri 4.0 yang dihadapi saat ini tidak dapat dihindari. Perkembangan teknologi komunikasi yang begitu cepat dengan istilah-istilah seperti big data, internet of things (IoT), artificial intelligence (AI), machine learning, cloud computing dan lainnya, merupakan salah satu perubahan besar di revolusi industri 4.0 ini.

Hal ini disampaikan saat membuka kegiatan Peluncuran Indonesia Makin Cakap Digital dan Kelas Literasi Digital dilingkup Prov. Kalteng di M. Bahalap Hotel Palangka Raya, Kamis (20/5/2021).

Opening Peluncuran program Literasi Digital kali ini digelar secara Nasional, dibuka secara virtual oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo dari Istana Negara. Kegiatan ini digelar serentak di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota se-Indonesia. Program Literasi Digital mengusung tema “Digital Marketing Untuk UMKM”. Program ini diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI  yang bekerjasama dengan kementerian terkait. Peluncuran program Literasi Digital Nasional dihadiri oleh Menteri Kominfo Johnny G. Plate dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  RI, Nadiem Anwar Makarim.

Lebih lanjut Agus Siswadi menyampaikan, peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang teknologi informasi dan komunikasi adalah salah satu cara untuk dapat mengimbangi perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0, sehingga menjadi fokus Pemerintah untuk meningkatan kompetensi sumber daya manusia melalui berbagai pelatihan peningkatan skill digital dan salah satunya kegiatan literasi digital ini. Kelas Cakap Digital ‘Digital Marketing Untuk UMKM’ ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan literasi digital  mengenai pemanfaatan teknologi digital marketing untuk meningkatkan produk/jasa dan brand awareness bagi pelaku UMKM, Mahasiswa maupun komunitas-komunitas yang ada di Palangka Raya, mengingat saat ini banyak sekali muncul pelaku-pelaku usaha di ranah digital yang terdiri dari kalangan mahasiswa dan komunitas-komunitas.

Plt. Kepala Dinas KominfoSantik Prov. Kalteng berharap melalui kelas cakap digital ‘Digital Marketing untuk UMKM”’ ini, semua peserta yang akan mengikuti nantinya agar benar-benar serius, sehingga dapat meningkatkan ketrampilan/skill dan daya saing di bidang teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) terutama dalam menghadapi transformasi/era digital saat ini.

Hal senada disampaikan oleh Asisten Administrasi Umum Setda Prov. Kalteng Lies Fahimah saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menyampaikan bahwa transformasi Digital harus disikapi dengan serius, sehingga dapat membawa manfaat positif bagi kehidupan. Salah satu upaya dalam mendukung percepatan transformasi digital adalah penyiapan  SDM di Bidang Digital. SDM yang siap dengan memahami, menguasai dan memperlakukan peran Teknologi dengan baik, sehingga membawa manfaat yang baik pula. sebaliknya, sumber daya manusia yang tidak siap dengan Transformasi Digital akan tertinggal dengan perkembangan Teknologi yang ada di Era Digital saat ini.

Lies Fahimah  mengajak semua untuk bersama-sama mendukung kegiatan literasi digital ini.

“Belajar, pahami, kuasai dan terapkan ilmu-ilmu yang didapat pada literasi digital ini, sehingga suatu saat nantinya dapat memberikan manfaat yang besar bagi pribadi, masyarakat serta Bangsa dan Negara”, tandas Lies Fahimah.

Peluncuran program Literasi Digital Lingkup Prov. Kalteng menghadirkan narasumber diantaranya Walikota Palangka Raya Fairid Naparin dan Kepala Dinas Kominfo Palangka Raya Fifi Afrika. Hadir sebagai pemateri diantaranya Manager ELTIBIZ Elistia dan Akademisi Universitas Palangka Raya Ferry Setiawan. Acara ini dipandu oleh moderator yakni Kepala Bidang Pengelola Komunikasi Publik Andi Cipta Mulia Silalahi dan Kepala Bidang Pengelola Informasi Publik Alfrianto dan Nisa Rahmia sebagai Host. (Kominfo/sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *