Barito TimurDPRD Barito Timur

APSI Kabupaten Barito Timur Gelar Pelatihan Portofolio

portofolio digital adalah suatu aplikasi yang dapat digunakan melalui komputer atau dapat diakses melalui handphone yang berfungsi sebagai kepengawasan sekolah binaan se-Kabupaten Barito Timur.

Foto Ketua APSI Kabupaten Barito Timur, Jumakir Joutomu.

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Untuk lebih meningkatkan kompetensi pengawas sekolah dan kinerja, Anggota Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Kabupaten Barito Timur, melakukan pendidikan dan pelatihan pembuatan portofolio Digital Pengawasan, bertempat di aula SDN 3 Tamiang Layang, Rabu (30/6/2021).

Perlu diketahui, portofolio digital adalah suatu aplikasi yang dapat digunakan melalui komputer atau dapat diakses melalui handphone yang berfungsi sebagai kepengawasan sekolah binaan se-Kabupaten Barito Timur.

Lanjut, disampaikan Jumakir Joutomu selaku ketua APSI mengatakan, bahwa tujuan pelatihan tersebut dapat mempermudah kinerja pengawasan yang dilakukan secara Digital dan dapat di publikasikan melalui aplikasi.

“Tujuan kegiatan pagi ini adalah meningkatkan kompetensi pengawas sekolah dan meningkatkan kinerja dari pengawas sekolah,” ucap Jumakir Joutomu, Rabu (30/6/2021).

Selanjutnya, dari hasil kegiatan tersebut sudah menghasilkan 4 poin yang menjadi harapan.

“Pengawas sekolah mampu membuat portofolio, pengawas sekolah mampu mengaplikasikan dalam kepengawasan di sekolah, sebagai publikasi untuk disampaikan ke pemangku kepentingan dan Menginformasikan bahwa keberadaan pengawas sekolah masih eksis,” ujarnya.

Adapun data kegiatan yang dapat diakses pada aplikasi adalah pelaksanaan, pembimbing, pembinaan dan evaluasi terkait kegiatan sekolah.

“Seperti contoh pembinaan guru dan kepala sekolah dalam kompetensi tertentu, itu dilaporkan dan dimasukkan dalam web,” terang Jumakir Joutomu.

Selain itu juga, melalui laporan kegiatan diantaranya, laporan pembinaan kegiatan pengawas sekolah, laporan pemantauan standar nasional pendidikan dan laporan kegiatan penilaian kinerja guru pada program tersebut,” kata dia.

“Ada evaluasi laporan yang masuk dalam bentuk Portofolio. Portofolio pengawas yang berjumlah sebanyak 51 pengawasan di Kabupaten Barito Timur yang masuk di web APSI,” kata Jumakir Joutomu.

Selanjutnya, bahwa web APSI yang digunakan untuk semua pengawas mulai dari TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan Kemenag hingga dapat diakses secara umum yang bisa dilihat melalui google (APSI Kabupaten Barito Timur).

“Materi yang disampaikan dalam kegiatan pagi ini berjumlah 10 aplikasi yang diwajibkan sebagai pendukung untuk masuk dalam Portofolio dan itu harus dipahami oleh pengawas,” pungkasnya. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *