DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

Kotim Punya 555 Sekolah Terakreditasi

“Total satuan pendidikan di Kotawaringin adalah 779 sekolah. Sebanyak 555 sekolah atau sebesar 71,25 persen diantaranya sudah terakreditasi,” sebutnya, Rabu (16/6/2021).

GERAKKALTENG.com – SAMPIT –  Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur, H. Suparmadi mengatakan bahwa sebanyak 555 satuan pendidikan  baik tingkat TK/PAUD, SD hingga SMP di daerahnya telah terakreditasi.

“Total satuan pendidikan di Kotawaringin adalah 779 sekolah. Sebanyak 555 sekolah atau sebesar 71,25 persen diantaranya sudah terakreditasi,” sebutnya, Rabu (16/6/2021).

Berdasarkan spesifikasinya, akreditasi dibagi dalam beberapa kelompok, yaitu peringkat A, B, C dan Tidak Terakreditasi (TT). Akreditasi merupakan penilaian terhadap kelayakan sekolah/madrasah dengan mengacu pada standar nasional pendidikan.

“Sekolah yang terakreditasi A punya nilai 8 sesuai standar nasional pendidikan (SNP)  atau bagus secara rata-rata dengan nilainya di atas 91. Kalau terakreditasi B (81-90), dan terakreditasi C (71-80),” katanya.

Jumlah satuan pendidikan untuk tingkat TK/PAUD sebanyak 302 sekolah dan yang sudah terakreditasi sebanyak 119 sekolah. Untuk tingkat SD dari 369 sekolah yang sudah terakreditasi sebanyak 359 sekolah.

“Sedangkan untuk tingkat SMP dari 108 sekolah yang sudah terakreditasi sebanyak 77 sekolah,” katanya.

Status akreditasi ini menurutnya, membuat siswa di sekolah tersebut banyak diuntungkan. Di antaranya, pertanda ada standar dari kegiatan belajar mengajar yang sudah dipenuhi; Ketika ujian, anak tidak perlu menumpang ke sekolah lain yang sudah terakreditasi.

“Semua sekolah tentunya tetap didorong untuk terus memperbaiki diri. Status akreditasi juga membantu pemerintah daerah untuk memperbaiki sekolah dan meningkatkan kualitas pendidikan,” pungkasnya. (aga/sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *