DPRD KatinganHukum dan KriminalKatingan

Pencuri Bermobil Berhasil Diringkus Polsek Katingan Hilir

FOTO : Pelaku terduga tindak pidana pencurian yang membuat resah warga Kasongan dan sekitarnya telah berhasil diringkus oleh jajaran Polsek Katingan Hilir.

KASONGAN – Pelaku terduga tindak pidana pencurian yang sebelumnya membuat resah warga Kasongan dan sekitarnya telah berhasil diringkus oleh jajaran Polsek Katingan Hilir.

Ketika dikonfirmasi, Kamis (17/6) Kapolres Katingan AKBP Andry Siswan Ansyah., S.I.K., melalui Kapolsek Katingan Hilir Iptu Eko Priono membenarkan adanya penangkapan terhadap pelaku terduga pencurian.

Kejadian tersebut bermula pada hari Rabu (16/6/2021) kemarin, ketika korban (SPR) tengah menjalankan ibadah sholat Isya di Masjid Ainul Yaqin dengan mengendarai mobil Daihatsu Grand Max. Ketika hendak pulang pelapor melihat pintu sebelah kiri sudah terbuka dalam keadaan rusak, sebanyak 10 slop atau 100 bungkus rokok Sampoerna yang sebelumnya di letakkan di dalam mobil hilang tanpa jejak.

“Di lokasi parkir mobil korban ada CCTV terpasang, kemudian korban berinisiatif untuk memeriksa CCTV bersama dengan kaum masjid,”Ujar Kapolsek.

Dari video CCTV diketahui bahwa 10 slop rokok tersebut dicuri oleh seorang laki – laki yang tidak dikenal. Merasa dirugikan, sekitar pukul 21:00 WIB korban kemudian datang ke mapolsek Katingan Hilir untuk melaporkan kejadian tersebut.

“Setelah menerima laporan dari korban, anggota piket pada saat itu langsung mendatangi TKP dan mengamati CCTV untuk mengetahui kendaraan dan ciri – ciri pelaku,”Beber Iptu Eko.

Lanjut Kapolsek, setelah mengamati rekaman cctv tersebut dirinya langsung memerintahkan personil Polsek Katingan Hilir untuk melakukan penyisiran di sejumlah ruas jalan. Ketika personil Polsek Katingan Hilir kembali melintas di Masjid Ainul Yaqin, kendaraan R4 yang diduga milik pelaku kembali parkir di tempat kejadian perkara.

“Karena ada kewenangan anggota Polri untuk melakukan penggeledahan badan serta kendaraan jika ada sesuatu yang mencurigakan, maka anggota langsung mendatangi kendaraan R4 yang diduga milik pelaku pencurian,”Jelasnya.

“Ketika dilakukan penggeledahan ditemukan sebanyak 10 slop rokok merk sampoerna, satu buah kunci T dan peralatan yang diduga untuk melancarkan aksinya, karena ditemukannya barang-barang tersebut maka pelaku beserta kendaraanya langsung dibawa ke Mapolsek Katingan Hilir,”Sambungnya.

Dari dalam kendaraan milik pelaku ditemukan kunci – kunci yang diduga digunakan untuk melakukan aksi pencurian, saat di introgasi pelaku pun mengaku telah beberapa kali melakukan aksi pencurian di Kasongan dan sekitarnya.

Kapolsek menuturkan bahwa, penangkapan terhadap pelaku pencurian tidak lepas dari bantuan masyarakat sekitar yang dengan sigap membantu pihak kepolisian.

“Saat ini pelaku dan barang bukti telah kami amankan, berdasarkan pengakuan pelaku bahwa aksi pencurian ini bukan kali pertamanya maka kami akan melakukan pengembangan untuk mengetahui siapa saja yang menjadi korban, barang apa yang telah dicuri dan lokasi pencurian sebelumnya,”jelas Kapolsek.(Tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!