DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

Wabup Kotim : Perluas Lahan Perkebunan Sengon

"Lahan perkebunannya saya minta diperluas, karena struktur tanah di wilayah ini sangat cocok untuk penanaman pohon sengon. Itu terbukti dari tanamannya tumbuh subur," kata Irawati, Sabtu (12/6/2021).

SAMPIT – Wakil Bupati (Wabup) Kotawaringin Timur (Kotim), Irawati meminta lahan tempat perkebunan sengon di Desa Rawa Sari, Kecamatan Pulau Hanaut diperluas. Hal ini disampaikannya saat mendampingi Kepala Pusat Kebijakan Strategis Sekjen Kementerian LHK beserta tim meninjau lokasi penanaman sengon dan melihat perkembangan perkebun sengon di desa itu cukup bagus prospeknya kedepan.

“Lahan perkebunannya saya minta diperluas, karena struktur tanah di wilayah ini sangat cocok untuk penanaman pohon sengon. Itu terbukti dari tanamannya tumbuh subur,” kata Irawati, Sabtu (12/6/2021).

Wabup mengatakan, penanaman pohon sengon tersebut merupakan program dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Adapun dana penanaman pohon tersebut bersumber dari Dana Bagi Hasil (DBH) dan Dana Reboisasi (DR) dengan luas tanam 54 hektare.

“Saya sudah bertemu dengan petani sengon, dan kita juga sudah melihat tanamannya. Saya sangat optimis prospek tanaman ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar,” tukasnya.

Disamping meningkatkan ekonomi, Irawati menambahkan penanaman pohon sengon yang di programkan Kementrian LHK yakni menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

“Pemkab Kotim akan terus memberikan pendampingan kepada masyarakat dalam pengembangan tanaman sengon di desa ini,” tandasnya.

Irawati mengungkapkan, tanaman sengon di desa itu di kelola oleh kelompok tani. Kedepannya dia berharap, program dari Kementrian LHK dalam penanaman pohon sengon bisa dilakukan di setiap desa di Kabupaten Kotawaringin Timur. (sog/agg)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *