DPRD KatinganKalimantan TengahKatingan

Wowww…BPD Serta Tokoh Masyarakat Meminta Pemakzulan Terhadap Kades Tumbang Baraoi

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) beserta tokoh masyarakat serta lapisan masyarakat meminta Kepala Desa (Kades) Tumbang Baraoi untuk dimakzulkan.

Kasongan – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) beserta tokoh masyarakat serta lapisan masyarakat meminta Kepala Desa (Kades) Tumbang Baraoi untuk dimakzulkan.

Keinginan permintaan BPD serta tokoh masyarakat untuk memakzulkan Kades Tumbang Baraoi dilatarbelakangi oleh kebijakan kepala desa yang dianggap tidak transparan dan banyak bertentangan dengan aturan hukum yang berlaku.

Seperti yang disampaikan Ketua BPD Desa Tumbang Baraoi Subsidi, Kamis (24/6/2021) mengatakan bahwa dari pihak BPD merasa sangat keberatan dengan kebijakan – kebijakan yang diambil oleh Kepala Desa Tumbang Baraoi.

“Beberapa kebijakan yang bertentangan dengan hukum oleh Kades ini yaitu pemegangan keuangan desa, dimana seharusnya bendahara desa yang memegang keuangan, akan tetapi ini malah Sdr. Agiansyah selaku Kades sendiri yang memegang keuangan desa,”Ujarnya.

Selain itu Ketua BPD juga mengatakan, beberapa permasalahan bertentangan dengan hukum yang dilakukan oleh kades adalah dana operasional covid-19 tahun 2021 sebanyak delapan persen dari nilai pagu Dana Desa (DD) tidak dilaksanakan dengan benar.

“Dana operasional covid-19 itu tidak dilaksanakan dengan benar, buktinya tidak ada penyemprotan, tidak ada pengadaan desifektan, tidak ada pengadaan masker dan tidak ada yang juga yang menjaga pos, sehingga kami dari BPD mempertanyakan hal tersebut, dan bahkan Kades tidak pernah memberikan keterangan pemerintahan secara tertulis kepada BPD sesuai ketentuan yang berlaku, ”Ungkap Ketua BPD.

Bahkan Subsidi menuturkan bahwa, saat penyalurkan BLT-DD tahun 2021 tahap pertama disalurkan langsung oleh Kepala Desa serta ibu Kepala Desa tanpa melalui Pelaksana Kegiatan (PK), bahkan dana tersebut ada disalurkan melalui rumah pribadi Kepala Desa.

“Jika ada yang tidak percaya bahwa adanya pelaksanaan penyaluran BLT-DD tahun 2021 tahap pertama dilakukan dirumah kepala desa silahkan langsung datang ke desa Tumbang Baraoi untuk menanyakan langsung ke masyarakat desa,”Imbuhnya.

“Untuk itu saya selaku Ketua BPD Desa Tumbang Baraoi beserta para anggota, serta para tokoh masyarakat dan masayarakat desa itu sendiri kami ingin memakzulkan Kades Tumbang Baraoi,”Tambahnya.

Lebih lanjut, Ketua BPD serta para anggota lainnya sudah melakukan rapat untuk melakukan pemakzulan terhadap Kades Tumbang Baraoi pada kamis (10/6) kemarin, bahkan surat pemakzulan terhadap Kepala Desa Tumbang Baraoi sudah disampikan untuk Camat Kecamatan Petak Malai dan akan dilanjutkan surat tembusan untuk Bupati Katingan.

(Tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *