Katingan

Puluhan Desa di Katingan Kebanjiran

Sementara di wilayah Kecamatan Sanaman Mantikei ada Desa Petak Malai ada Desa Tumbang Habangoi, Desa Tumbang Jala, Desa Batu Badak, dan Desa Tumbang Tangoi.

Kasongan – Sejak 2 hari terakhir Sungai Katingan dan Sungai Samba di Kabupaten Katingan meningkat. Bahkan dibeberapa tempat sudah mulai meluap ke permukaan.

Dari informasi yang dihimpun gerakkalteng.com, Jumat, (16/7/2021), selain wilayah Kecamatan Petak Malai, kecamatan lain yang digenangi banjir akibat luapan dua sungai itu, yakni Kecamatan Sanaman Mantikei, dan Kecamatan Katingan Tengah.

Meluapnya dua sungai ini karena curah hujan dalam beberapa hari terakhir cukup tinggi. Di wilayah Kecamatan Katingan Tengah misalnya, sejumlah desa mulai terdampak banjir dari luapan dua sungai itu, yakni Kelurahan Samba Kahayan, Desa Samba Danum, Desa Samba Bakumpai, Desa Napu Sahur dan Desa Batu Badinding.

Sementara di wilayah Kecamatan Sanaman Mantikei ada 10 desa terdampak banjir ini, yakni Kelurahan Kuluk Habuhus, Desa Tumbang Kaman, Desa Tumbang Labeho, Desa Tumbang,  Manggu, Desa Kamanto, Desa Tumbang Kanai, DesaTumbang Pangka, Desa.Tumbang Atei, Desa Rantau Bangkiang dan Desa Dehes.

Sementara di wilayah Kecamatan Sanaman Mantikei ada Desa Petak Malai ada Desa Tumbang Habangoi, Desa Tumbang Jala, Desa Batu Badak, dan Desa Tumbang Tangoi.

Camat Sanaman Mantikei, Andrei Natanael mengatakan di wilayahnya sekitar 1.500 rumah warga terdampak banjir.

Namun saat ini debit air sudah berangsur menyurut. Sementara Camat Petak Malai, Kusuma Jaya mengatakan di daerahnya ada sekitar 150 rumah warga yang terdampak banjir ini.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan Roby mengatakan saat ini luapan banjir di wilayah hulu sudah berangsur menyurut, namun kini bergeser ke wilayah tengah dan bagian hilir.

(tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!