DPRD Kotawaringin TimurEDUKASI & RISTEKKotawaringin Timur

Sebanyak 300 Mahasiswa Gelar KKN di 30 Desa

"Saya atas nama pribadi dan pemerintah kabupaten mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kepercayaan rektor IAIN Palangka Raya yang telah memilih Kabupaten Kotim sebagai tempat KKN mahasiswa IAIN Palangkaraya," kata Irawati dalam sambutannya.

GERAKKALTENG.com – SAMPIT – Sebanyak 300 mahasiswa dari IAIN Palangka Raya akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Mereka akan ditempatkan di 30 desa yang ada di Kotim.

Peserta KKN disambut langsung oleh Wakil Bupati Kotim, Irawati dan serah terima dilakukan di Halaman Kantor Pemkab Kotim, Senin (12/7/2021).

Turut hadir dalam acara tersebut, Camat Mentawa Baru Ketapang, Camat Mentaya Hilir Utara, Camat Mentaya Hilir Selatan, Camat Teluk Sampit, Kepala Desa Pelangsian, Kepala Desa Bapeang, Desa Telaga Baru, Kepala Desa Pelangsian, Kepala Desa Eka Bahurui. Mahasiswa tersebut juga didampingi Wakil Rekor III IAIN Palangka Raya Sadiani.

“Saya atas nama pribadi dan pemerintah kabupaten mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kepercayaan rektor IAIN Palangka Raya yang telah memilih Kabupaten Kotim sebagai tempat KKN mahasiswa IAIN Palangkaraya,” kata Irawati dalam sambutannya.

Dirinya merasa gembira karena dengan adanya KKN ini sedikit banyak akan membantu masyarakat dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan ikut mencerdaskan masyarakat pedesaan

“Pada dasarnya ilmu pengetahuan itu tidak hanya digunakan untuk diri para mahasiswa sendiri saja akan tetapi juga untuk kepentingan masyarakat luas seperti yang dilaksanakan para mahasiswa KKN ini,” ujarnya.

Ini merupakan kegiatan untuk masyarakat oleh mahasiswa yang dikemas ke dalam kurikulum lokal atau institusional IAIN Palangka Raya sehingga para mahasiswa diharapkan mengetahui dan memahami kaidah kehidupan bermasyarakat karena pada hakekatnya masyarakat merupakan partner dalam pembangunan bukan sebagai objek pembangunan.

Para mahasiswa IAIN Palangka Raya yang pada hari ini akan melaksanakan KKN nantinya diharapkan dapat menjadi sarjana penerus pembangunan sarjana yang lebih menghayati masalah-masalah yang dihadapi masyarakat khususnya masyarakat pedesaan dalam pembangunan sekaligus mempercepat gerakan pembangunan di pedesaan dan bisa mencetak kader-kader pembangunan di pedesaan.

300 mahasiswa tersebut berasal dari 4 Fakultas di Lingkungan IAIN Palangka Raya, yaitu Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dan Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah.

Kehadiran mereka di Desa telah di sambut oleh Kepala Desa Bagendang Hulu, Kepala Desa Bagendang Hilir, Kepala Desa Bagendang Tengah, Kepala Desa Bagendang Permai, Kepala Desa Basirih Hulu, Kepala Desa Samuda Kecil, Kepala Desa Samuda Besar, Kepala Desa Sebamban, Kepala Desa Handil Sohor, Kepala Desa Sei ljum Raya, Kepala Desa Parebok, Kepala Desa Basawang, Kepala Desa Lampuyang, Kepala Desa Ujung Pandaran, Kepala Desa Bangkuang Makmur, Kepala Desa Bapanggang Raya, Kepala Desa Jaya Kelapa, Kepala Desa Jaya Karet. (sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *