DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

Selamatkan Makam Ulama, Halikinnor Pimpin Pembuatan Tanggul Darurat

“Pembuatan tanggul dengan memasang karung berisi pasir ini diharapkan bisa menahan gelombang mengurangi dampak abrasi,” ungkap Halikinnor,” Sabtu (10/7/2021).

GERAKKALTENG.comSAMPIT – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), H. Halikinnor turun tangan dengan memimpin secara langsung gotong royong pembuatan tanggul darurat untuk menyelamatkan kubah Syeh Abdul Hamid yang terancam hancur akibat digerus abrasi.

Penanganan darurat dengan memasang karung geotekstil berisi pasir itu dilakukan sebagai langkah untuk menahan abrasi pantai yang kian parah. Kegiatan gotong royong tersebut dilakukan selama dua hari yang melibatkan pegawai Pemkab Kotim dan puluhan kepala desa.

“Pembuatan tanggul dengan memasang karung berisi pasir ini diharapkan bisa menahan gelombang mengurangi dampak abrasi,” ungkap Halikinnor,” Sabtu (10/7/2021).

Bupati mengaku, prihatin dengan makam ulama kharismatik yang merupakan keturunan Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari Kalimantan Selatan tersebut. Sebab jalan menuju kubah sudah terputus akibat diterjang ombak.

“Selaku bupati saya sangat serius memperhatikan makam ulama kharismatik tersebut. Berbagai pertimbangan dilakukan agar makam ulama keturunan datu kelampayan itu bisa diselamatkan dari terjangan ombak,” tukasnya.

Halikinnor menyebutkan, makam ulama yang terletak di pinggir pantai Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit itu menjadi objek wisata religi dan banyak didatangi peziarah dari luar daerah. Sebelumnya, kata Halikin makam ulama tersebut dapat didatangi melalui kendaraan roda dua. Kini tidak bisa lagi, lantaran jalan menuju kawasan tersebut terputus akibat abrasi pantai. Sehingga saat ini peziarah harus menggunakan perahu motor.

Halikinnor mengungkapkan, agar bisa menyelematkan makam tersebut, ada beberapa opsi yang perlu dipertimbangkan. Salah satu opsi yang diambil merelokasi makam tersebut. Namun hal tersebut harus melibatkan banyak pihak, seperti tokoh agama dan zuriat atau keturunan ulama tersebut. (sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!