HEADLINEKalimantan TengahKalteng Berkah

Yuas Elko Tutup Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar Kebangsaan Jenjang SMA/MA Tingkat Provinsi Kalteng

Gerakkalteng.com – Palangka Raya – Staf Ahli (Sahli) Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko mewakili Wakil Gubernur Kalteng secara resmi menutup kegiatan Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar Kebangsaan Jenjang SMA/MA Tingkat Prov. Kalteng Tahun 2023, bertempat Swiss Belhotel Danum Palangka Raya, Minggu (3/12/2023).

Sahli Yuas Elko saat membacakan sambutan tertulis Wagub nenyampaikan tiap warga negara wajib ikut serta dalam mengupayakan usaha keamanan dan pertahanan negara, termasuk di dalamnya melibatkan generasi penerus bangsa, wilayah, serta sumber daya nasional yang ada.

“Kalimantan Tengah saat ini menjadi provinsi terluas di Indonesia setelah Papua melakukan pemekaran daerah. Wilayah yang sangat luas dengan potensi alam yang melimpah, menjadi sebuah anugerah dan berkah bagi Kalimantan Tengah, dimana anak-anak sekalian sebagai penerus bangsa yang dikemudian hari akan melanjutkan pembangunan, untuk memajukan Kalimantan Tengah khususnya dan Indonesia pada umumnya”, tutur Yuas.

“Untuk itu, menjadi manusia yang unggul dan berkarakter merupakan kunci kesuksesan pengelolaan negara. Tanpa karakter yang baik dan sikap cinta tanah air yang tinggi, maka anugerah intelektual yang dimiliki hanya akan berorientasi untuk kemajuan dirinya saja”, imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Yuas mengajak semua, untuk senantiasa meningkatkan kompetensi, baik dari segi berkomunikasi, berkolaborasi, berpikir kreatif dan inovatif serta berpikir kritis menyesuaikan perkembangan zaman khususnya era globalisasi seperti saat ini.

“Kita juga perlu untuk memiliki wawasan Nusantara terutama lebih memahami segala kearifan lokal, potensi, dan keunggulan daerah kita”, tambahnya.

Mengakhiri sambutannya, Yuas menyampaikan atas nama Pemprov Kalteng mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kegiatan ini, serta ucapan selamat kepada para pemenang. Melalui lomba cerdas cermat yang telah dilaksanakan ini, diharapkan dapat menjadi bekal bagi generasi muda terus menumbuhkembangkan pemahaman tentang wawasan kebangsaan sebagai alat pemersatu bangsa dalam kehidupan sehari hari, melalui nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI serta nilai Falsafah Huma Betang yang selalu kita junjung.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Prov. Kalteng Eka Aprilianty dalam laporannya menyampaikan pembukaan kegiatan Lomba Cerdas Cermat ini telah dilaksanakan pada hari Sabtu (2/12/2023).

“Lomba cerdas cermat ini bukan hanya sebuah event perlombaan, namun para peserta diharapkan terus menggali dan mengembangkan serta melakukan hal baik dengan menyebarluaskan nilai-nilai kehidupan, berbangsa dan bernegara kepada orang di sekitar dan terlebih dapat mengamalkan dengan baik nilai-nilai Pancasila UUD 1945 NKRI Bhineka Tunggal Ika”, pungkasnya.

Sebagai informasi, Juara Cerdas cermat 4 Pilar diraih SMA Negeri 2 Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur juara 1, SMA Negeri 1 Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan juara 2 dan SMA Negeri 1 Kuala Jelai Kabupaten Sukamara juara 3. Sementara itu, Juara Harapan Harapan diraih SMA Negeri 1 Paku Kabupaten Barito Timur. Sedangkan, Juara yel-yel diraih SMA Negeri 1 Kasongan Kabupaten Katingan.

Para pemenang ini mendapatkan uang pembinaan, piagam dan piala.

Turut hadir serta Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemprov Kalteng, Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta serta Kepala Sekolah, Guru Pendamping, dan Peserta Lomba.

(Don/mmc/**)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!